Wednesday, October 16, 2019
Home > Berita > Dubes Sidehabi Puji Kortribusi Iluni UI Qatar

Dubes Sidehabi Puji Kortribusi Iluni UI Qatar

Dubes RI di Qatar, Muhammad Basri Sidehabi.

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha, Qatar) – Duta Besar RI untuk Qatar Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi menyatakan kontribusi Iluni UI di Qatar patut dicontoh karena sumbangan besar mereka terhadap negara.

“Kontribusi ILUNI UI Qatar patut dicontoh,” kata Dubes Sidehabi ketika menerima 25 delegasi Iluni UI Qatar yang dipimpin  Erol Tendean pada akhir minggu lalu. 

Pertemuan itu membahas potensi ekonomi dan peluang tenaga kerja di Qatar sekaligus silaturahmi dengan Dubes yang menyerahkan  Surat Kepercayaan kepada Emir Qatar pada 3 Maret 2016.

Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat dan bersahabat, Ketua Pengurus Sepak Takraw Indonesia (PSTI) dan Wakil Ketua II Dewan Harian Nasional Angkatan 45 mengapresiasi peran Iluni UI Qatar dalam membantu upaya diplomasi KBRI Doha. 

Dubes kelahiran Sengkang, Sulawasi Selatan, itu juga menyampaikan harapannya agar organisasi masyarakat Indonesia lainnya  yang ada di Qatar dapat mencontoh Iluni UI. 

Mantan Komandan Sesko TNI tersebut tidak lupa menyampaikan visi misinya sebagai Dubes antara lain menyelesaikan berbagai MoU di antaranya MoU Business Counsel, Kerjasama Gas dan Minyak, Pertanian, Air Service dan Perjanjian Bebas Visa. 

Sidehabi berharap setiap unsur warga negara Indonesia di Qatar khususnya warga negara Indonesia untuk dapat berperan aktif mendukung peningkatan hubungan RI-Qatar.  

Mantan mantan Irjen TNI dan anggota DPR RI tersebut mengharapkan adanya peningkatan  sinergi antara KBRI Doha dan Iluni UI Qatar agar masa bhaktinya di Qatar akan memberikan manfaat yang maksimal bagi nusa dan bangsa khususnya dalam bidang investasi dan perdagangan termasuk tenaga kerja.

Erol yang menjabat sejak 2012 ini juga melaporkan bahwa para alumni UI di Qatar telah meluncurkan situs berjudul “Sahabatku” pada 25 Maret 2016. Peresmian peluncuran situs tersebut dilakukan oleh Pelaksana Fungsi Politik KBRI Doha, Boy Dharmawan, yang dilanjutkan seminar mengenai ancaman dekadensi moral akibat arus globalisasi yang disaksikan sekitar 100 dispora Indonesia di Qatar. 

Situs “Sahabatku” berupa bantuan konseling gratis yang diberikan para psikolog alumni UI melalui dunia maya guna membantu para remaja dan orang tua yang memiliki masalah kejiwaan anak anak dan remaja dalam menghadapi kehidupan di negara asing.

Iluni UI Qatar menuampaikan saran dan rekomendasinya guna mendukung misi Dubes Sidehabi khususnya khususnya ekspansi tenaga kerja trampil Indonesia di Qatar. Erol Tendean mendukung peningkatan sinergi Iluni UI Qatar dengan KBRI Doha agar potensi dan peluang tersebut dapat dimaksimalkan sehingga  berdampak langsung terhadap kesejahteraan rakyat. 

Ia menyatakan, Iluni UI di Qatar ada sekitar 90 anggota di antara 40 ribu WNI yang umumnya bekerja di berbagai sektor ekonomi dan perdagangan  khususnya  sektor minyak dan gas. 

Ormas yang dibentuk pada 1 Oktober 2012 ini selama ini terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sosial budaya dan olah raga tidak hanya bagi kepentingan  masyarakat Indonesia juga  dalam berbagai event internasional di Qatar.  

Erol juga menyampaikan apresiasi atas pemberian penghargaan kepada Heri Kartono, anggota Iluni UI Qatar yang juga Ketua Permiqa 2014-2016, atas kontribusinya dalam peningkatan hubungan ekonomi dan perdagangan RI-Qatar pada perkenalan Dubes Sidehabi dengan 50 ormas Indonesia di Qatar.  (SP/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru