Thursday, November 14, 2019
Home > Berita > Dubes Sidehabi Peringati Nuzulul Quran Bersama 50 Ormas di Qatar

Dubes Sidehabi Peringati Nuzulul Quran Bersama 50 Ormas di Qatar

Nuzulul Quran di Qatar.

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Duta Besar RI untuk Qatar, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi, bersama wakil dari 50 organisasi masyarakat Indonesia di Qatar menyelenggarakan peringatan Nuzulul Quran pada 23 Juni 2016.

Peringatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Ramadan yang dilakukan oleh Komunitas Indonesia yang dikoordinasikan oleh Indonesia Muslim Society in Qatar (IMSQA) dan Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) yang menjadi wadah bagi 40 ribu WNI di Qatar.

Acara tersebut merupakan rangkaian acara komunitas diaspora yang tersebar di berbagai kota di Qatar seperti Dukhan, Messaid, Wakrah, Alkhor dan Doha.

Dalam sambutannya, Ketua IMSQA, Abdullah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dubes Basri yang memfasilitasi acara Nuzulul Quran. “Selain memperingati hari bersejarah umat  Muslim, acara tersebut juga sekaligus mempererat hubungan persaudaraan antara ormas di Qatar,” kata Abdullah.

Acara peringatan ini juga dihadiri Ketua DWP, Andi Una Sidehabi dan keluarga besar staf KBRI Doha. Acara yang dihadiri sekitar 250 orang ini, diwarnai dengan suasana keakraban dan kehangatan. Dubes mengapresiasi kegiatan Permiqa khususnya IMSQA dalam bidang sosial keagamaan dalam memperingati Nuzulul Quran tersebut.

Dalam sambutannya, Dubes Basri menyampaikan bahwa peristiwa Nuzulul Quran adalah salah satu fase terpenting dalam sejarah peradaban Islam dan turunnya Al Quran sebagai penebar rahmat bagi seluruh umat, dan sumber dari semua ilmu pengetahuan yang telah di nikmati oleh ummat manusia.

Disampaikan pula bahwa peran KBRI Doha dan Wisma Duta sebagai rumah bangsa Indonesia. “KBRI selalu terbuka bagi semua masukan dan saran agar dapat melindungi dan melayani bagi semua kepentingan WNI di Qatar,” ujar mantan anggota DPR ini.

Dalam ceramah oleh Ustad Dr. Agus Setiawan MA,  disampaikan mengenai makna dan hikmah Nuzulul Quran agar manusia untuk terus bersyukur dengan menunjukan melalui tindakan amal soleh, atau minimal tidak berbuat maksiat.

“Perlunya umat Islam untuk terus memperbaiki dan mensucikan diri dari dosa dan kesalahan di masa lampau agar guna menjadi manusia yang lebih baik di masa mendatang,” katanya.

Ia memaparkan pula mengenai potensi umat Islam antara lain sejarah peradaban yang gemilang, jumlah penduduk yang besar, sumber alam, memiliki Quran dan hadist serta janji Allah akan kebangkitan Islam kelak.

Menurut Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Doha, Anwar Lukman Hakim, selama bulan Ramadan, diselenggarakan berbagai kegiatan seperti buka puasa bBersama TKI, Nuzulul Quran, Tarawih, Ramadan Fun 2016, ceramah Ramadan, perlombaan Islami untuk anak-anak dan dewasa, dan penyaluran zakat fitrah dan ditutup dengan sholat Idul Fitri.

Acara tersebut juga mengundang para Tenaga Kerja Indonesia bermasalah yang berada di penampungan KBRI Doha guna meringankan penderitaan para TKW yang menunggu dipulangkan agar merasakan peringatan Nuzulul Quran.

Menurut Counsellor KBRI Doha, Boy Dharmawan, Dubes Basri selalu mendukung kegiatan ormas yang melibatkan TKI bermasalah yang berada di shelter KBRI Doha sebagai wujud rasa empati dan solidaritas.  (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru