Tuesday, January 23, 2018
Home > Berita > Dua pasang balon gubernur dan wakil gubernur Jatim mendaftar ke KPU

Dua pasang balon gubernur dan wakil gubernur Jatim mendaftar ke KPU

Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak. (kompas)

MIMBAR-RAKYAT.com (Surabaya) – Pada hari terakhir pendaftaran, dua pasangan bakal calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Jawa Timur dijadwalkan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi sebagai peserta di Pemilihan Kepala Daerah setempat, Rabu.

“Hari ini memang hari terakhir pendaftaran peserta untuk Pilkada Jatim dan ditunggu hingga pukul 24.00 WIB,” ujar Ketua KPU Jatim Eko Sasmito ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu.

Dua pasangan calon yang akan mendaftar adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak yang diusung koalisi Partai Demokrat (13 kursi), Partai Golkar (11 kursi), PPP (5 kursi), PAN (7 kursi), Partai Nasdem (4 kursi) dan Partai Hanura (2 kursi) serta didukung PKPI (non-parlemen).

Pasangan lainnya adalah Saifullah Yusuf yang pendampingnya akan diumumkan pada Rabu ini dengan diusung PKB (20 kursi), PDIP (19 kursi), dan PKS (6 kursi).

Sedangkan, Partai Gerindra yang memiliki 13 kursi di DPRD Jatim juga dikabarkan merapat ke Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, dan dideklarasikan dukungannya akan dilaksanakan pada Rabu sore ini di Surabaya.

Sementara itu, sekretaris tim pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio, seperti dilansir antaranews, mengaku pasangan yang diusungnya akan mendaftar ke KPU Jatim pada pukul 09.00 WIB.

“Kami sudah koordinasi dengan partai koalisi dan bersama-sama mendaftarkan Khofifah-Emil pada hari terakhir pendaftaran,” ucap politikus yang juga Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim tersebut.

Kemudian, pada malam harinya direncanakan giliran Gus Ipul bersama pasangannya mendaftar dengan didampingi para pemimpin seluruh partai politik pengusungnya.

“Daftarnya hari terakhir, tapi jam berapanya tunggu saja kabar berikutnya, tapi yang pasti tidak pagi,” kata ketua tim pemenangan Gus Ipul, Hikmah Bafaqih.

Setelah tahapan pendaftaran, para kandidat dijadwalkan melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya.  (An/Kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru