Friday, July 10, 2020
Home > Berita > DPR Setuju Tito Karnavian Jadi Kapolri

DPR Setuju Tito Karnavian Jadi Kapolri

Tito Karnavian, calon Kapolri. (kompas)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) -Komisi III DPR akhirnya menyetujui Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian menjadi kepala Kepolisian Indonesia setelah menguji kelayakan dan kepatutannya di Gedung Parlemen. 

Pada uji kelayakan dan kepatutan Kamis itu, Karnavian diminta menjelaskan langkah-langkah yang akan dia lakukan pada posisinya yang akan datang itu.

Di antara yang ditanya dan dia jelaskan adalah tentang hubungan institusional Kepolisian Indonesia dan TNI, Kepolisian Indonesia dengan KPK, dan lain-lain.

Saat uji kepatutan dan kelayakan digelar, Karnavian, alumnus Akademi Kepolisian Indonesia 1987, mengenakan seragam dinas harian polisi dengan tanda pangkat bintang tiga dengan garis merah di tepi-tepinya.

Saat ini dia masih menjadi kepala Badan Narkotika Penanggulangan Terorisme dan dia banyak menghabiskan karirnya di lingkungan reserse dan intelijen.

Jika nanti dilantik menjadi kepala Kepolisian Indonesia, maka dia akan menjadi salah satu kepala Kepolisian Indonesia termuda.

Dia akan “melangkahi” banyak seniornya, di antaranya Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso (alumnus Akademi Kepolisian pada 1983) dan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan (bekas ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri yang sempat masuk bursa), Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alaidrus, dan lain-lain.

Komjen. Pol. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D.  lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 26 Oktober 1964. Ia adalah perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang ikut bergabung dengan tim yang berhasil membongkar jaringan teroris pimpinan Noordin Moch Top.  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru