Friday, May 29, 2020
Home > Berita > Donald Trump Instruksikan Angkatan Laut AS Hancurkan Kapal Perang Iran Jika Mereka Melecehkan Kapal AS

Donald Trump Instruksikan Angkatan Laut AS Hancurkan Kapal Perang Iran Jika Mereka Melecehkan Kapal AS

Donald Trump. (Foto: File Reuters/Arab News)

Donald Trump. (Foto: File Reuters/Arab News)

Mimbar-rakyat.com (Washington) – Presiden AS Donald Trump Rabu (22/4) waktu setempat atau Kamis WIB  mengatakan telah memerintahkan militer Amerika Seriaat (AS) untuk menyerang dan menghancurkan kapal Iran mana pun yang mengganggu kapal-kapal Angkatan Laut AS.

“Saya telah menginstruksikan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk menembak jatuh dan menghancurkan setiap dan semua kapal perang Iran jika mereka melecehkan kapal kami di laut,” kata Trump di Twitter, hanya beberapa jam setelah Teheran meluncurkan satelit.

Perintah itu datang satu minggu setelah 11 speedboat kecil Korps Revolusi Pengawal Iran bersenjata mengerumuni kapal-kapal Angkatan Laut dan Penjaga Pantai AS di perairan internasional di Teluk utara. Insiden itu terjadi ketika kapal-kapal AS terlibat dalam latihan sebagai bagian dari patroli mereka di wilayah tersebut.

Tidak ada tembakan, tetapi Pentagon mengatakan Iran terlibat dalam “tindakan berbahaya dan provokatif” yang berisiko tabrakan atau lebih buruk. Demikian dikutip dari Arab News.

Kapal-kapal Korps Pengawal Revolusi Iran “berulang kali melintasi busur dan buritan kapal AS pada jarak yang sangat dekat dan kecepatan tinggi,” datang pada satu titik dalam jarak 10 yard (sembilan meter) dari busur satu.

Kapal-kapal IRGC Navy yang jauh lebih kecil mengabaikan peringatan dari kapal AS selama sekitar satu jam, sebelum akhirnya menanggapi komunikasi radio dan kemudian pergi, kata pihak AS.

Pada hari Minggu, Pengawal Revolusi menuduh Angkatan Laut AS “perilaku tidak profesional dan provokatif” yang telah mengganggu latihan mereka sendiri. Demikian menurut Mehr News Agency.

Pernyataan Trump itu menyusul pengumuman Teheran Rabu tentang peluncuran satelit militer pertamanya yang sukses.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru