Saturday, January 19, 2019
Home > Berita > Donald Trump Butuh 5,7 Miliar Dolar untuk Bangun Dinding Perbatasan dengan Meksiko

Donald Trump Butuh 5,7 Miliar Dolar untuk Bangun Dinding Perbatasan dengan Meksiko

Presiden Trump menuntut pemggunaan dana 5.7 miliar dolar AS untuk pembangunan penghalang baja di perbatasan AS-Meksiko, dalam pidato di ruang Oval Gedung Putih. (Foto: AFP/Arab News)

Presiden Trump menuntut pemggunaan dana 5.7 miliar dolar AS untuk pembangunan penghalang baja di perbatasan AS-Meksiko, dalam pidato di ruang Oval Gedung Putih. (Foto: AFP/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Washington) – Presiden AS Donald Trump mengulangi permintaannya, Selasa waktu setempat atau Rabu (9/1), agar diizinkan menggunakan dana  sebesar 5,7 miliar dolar AS untuk membiayai pembangunan dinding di perbatasan dengan Meksiko.

Dalam pidato di ruang Oval yang pertama kalinya disiarkan di televisi, presiden tidak lagi menyerukan keadaan darurat yang kerap digembar-gemborkan. Dia menyerukan perlunya memangkas biaya perdagangan obat-obatan terlarang, yang ia kumpulkan  500 miliar dolar AS setahun.

Trump menggambarkan, “krisis yang berkembang” dari imigrasi ilegal yang merugikan jutaan orang Amerika. “Ada krisis kemanusiaan dan keamanan yang berkembang di perbatasan selatan kami. Setiap hari petugas bea cukai dan patroli perbatasan menemui ribuan imigran ilegal yang mencoba memasuki negara kami,” kata Trump.

“Kami kehabisan ruang untuk menahan mereka dan kami tidak memiliki cara untuk segera mengembalikan mereka kembali ke negara mereka. Amerika dengan bangga menyambut jutaan imigran sah yang memperkaya masyarakat kami dan berkontribusi bagi bangsa kami. Tetapi semua orang Amerika terluka oleh migrasi ilegal yang tidak terkendali . ”

Trump telah menghabiskan berhari-hari untuk merenungkan keadaan darurat di sepanjang perbatasan yang akan memberinya kekuasaan untuk mem-bypass Kongres, yang sejauh ini menolak untuk mendanai proyek dinding, dan menarik dana dari militer untuk membangun penghalang perbatasan.

Namun Trump tidak menyebutkan idenya itu dalam pidatonya selama sembilan menit, tetapi mengulangi seruannya untuk tembok dan berbicara tentang “pendekatan keseluruhan” yang akan menggunakan teknologi untuk mendeteksi narkoba dan senjata.

“Atas permintaan Demokrat, itu akan menjadi penghalang baja daripada dinding beton. Penghalang ini sangat penting untuk keamanan perbatasan. Itu juga yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para profesional kami di perbatasan,” katanya.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru