Wednesday, July 08, 2020
Home > Berita > Djarot Benahi Cara Penanganan Pengaduan Warga ke Balai Kota DKI, Dikelompokkan Sesuai Masalah

Djarot Benahi Cara Penanganan Pengaduan Warga ke Balai Kota DKI, Dikelompokkan Sesuai Masalah

Plt Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sudah memerintahkan pembenahan cara penyampaian pengaduan warga di Pendopo Balai Kota. “Kami akan ubah agar bisa tertib dan tertangani dengan rapi,” kata Djarot, Rabu (10/5).

Mantan Walikota Blitar itu menerangkan, nantinya akan dibuat pengelompokkan sesuai permasalahan yang diadukan. Semisal masalah pendidikan, kesehatan, dan hunian masing-masing akan dibuat terpisah.

Petugas penerima pengaduannya pun akan ditunjuk langsung dan diminta untuk tidak bergantian supaya fokus menampung masalah yang diadukan sesuai bidangnya.

“Jadi ada SK (surat keputusan) penunjukan dari masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)-nya. Ini akan dikerjakan mulai hari Jumat,” ujarnya.

Menurutnya, cara seperti ini juga akan memudahkan pengontrolan petugas yang menerima pengaduan. Di samping itu diharapkan pengaduan yang masuk dari warga dapat ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat.

“Saya juga sudah minta sediakan minuman yang baik, tempat duduk yang baik, supaya warga juga tertib. Silakan pengaduan. Jadi tidak satu per satu dan berbagai macam, supaya tidak crowded mereka kita tangani dari meja ke meja,” imbuhnya seraya menambahkan dirinya juga tetap akan melayani permintaan swafoto dari warga jika tidak ada kesibukan.

Sebelumnya, sejak Ahok memimpin roda Pemerintahan Provinsi Jakarta, hampir setiap pagi pendopo Balaikota kedatangan warga yang ingin mengadukan permasalahan terkait fasilitas publik, persyaratan administrasi hingga program-program pemerintah.

Rutinitas itu pun masih berjalan sehari sebelum Ahok menjalani penahanan di Rutan Cipinang dan Mako Brimob akibat tersandung kasus penistaan agama.

Di hari pertama kerja sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot mengumpulkan semua pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (DKPD) Pemprov DKI Jakarta, di Ruang Rapat Besar Lantai 2, Blok B Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir pada Rabu.

“Jadi tadi saya mengingatkan kepada seluruh SKPD bahwa dengan kejadian kemarin justru membuat kita harus lebih semangat bekerja dalam rangka melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ungkap Djarot usai memberikan pengarahan.

Beberapa pengarahan yang disampaikan antara lain menyangkut penempatan rumah susun (rusun), proyek reklamasi, stabilisasi harga kebutuhan bahan pokok, dan persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI.

“Pada Hari Ulang Tahun Jakarta yaitu Koridor 13 Transjakarta bisa sampai Tangerang, termasuk dengan fasilitas agar bisa berjalan dengan lancar. Kemudian Simpang Susun Semanggi tetap tanggal 17 Agustus,” ujarnya.

Untuk stabilasasi harga dan antisipasi di bulan puasa, dan Lebaran, Djarot meminta agar jangan sampai ada lonjakan harga pangan di ibukota. “Ada laporan rawan maka kita akan tangani persoalan bawang putih dan kedelai,” ucapnya.

Djarot menambahkan, ia juga meminta para pimpinan SKPD untuk menyiapkan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (RAPBD) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Termasuk mempercepat penyerapan anggaran.

“Lalu tadi juga kami sampaikan masa depan reklamasi. Nanti kita akan serahkan pada Pak Anies dan Sandi. Tapi sudah menjadi suatu pengetahuan bagi masyarakat, kontribusi tambahan 15 persen tetap kita berlakukan,” katanya.

“Oleh karena itu kita, Bappeda, Biro Hukum akan berkirim surat pada DPRD dan kementerian terkait tentang keputusan kita, kalau seandainya rekalamasi terus dilanjutkan 15 (persen) bisa mengikat, kalau bisa bisa masuk ke dalam Perda,” imbuhnya.

Djarot secara resmi dilantik Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai Plt Gubernur, Selasa (9/5) sore. Dia menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang telah ditahan terkait kasus penodaan agama. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru