Saturday, July 04, 2020
Home > Unik > Ditelan Lubang Raksasa Yang Terjadi Tiba-Tiba

Ditelan Lubang Raksasa Yang Terjadi Tiba-Tiba

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta)  Apa reaksi Anda ketika tiba-tiba ditengah jalan tol Jagorawi terdapat lubang besar menganga sedangkan Anda sedang menyetir ? Itulah yangterjadi di tengah jalan utama dekat Simferopol, ibukota Crimea — yang baru-baru ini memisahkan diri dari Ukraina.

Tanpa peringatan lubang raksasa sedalam 6 meter dan lebar 8 meter (disebut shinkole) terbentuk di tengah jalan dan menelan 6 nyawa. Empat orang dewasa dan 2 anak-anak tewas setelah mobil yang mereka naiki jatuh ke lubang runtuhan yang tiba-tiba menganga di tengah jalan utama itu.

Rekaman video menunjukkan mobil yang hancur di dekat dasar sinkhole. Sesaat setelah kejadian terdengar suara menyayat hati, tangisan anak-anak yang tak berdaya mengharapkan bantuan.

Saat kejadian tak ada cara dan kesempatan bagi Ibrail Eskandarov, yang berada di balik kemudi, untuk menghindari lubang menganga yang mendadak muncul di depan kendaraannya pada malam hari.

Pria 34 tahun itu sudah menekan rem kuat-kuat, namun itu tak kuasa menghentikan mobilnya masuk lubang. Ia jatuh bersama istrinya Eskandarova (33), dan anak-anaknya — kembar Asan dan Muslim (3), serta Aliye (16).

 News.com.au, Selasa (30/9/2014), memberitakan para pekerja penyelamat mengatakan, lubang raksasa yang berukuran lebar 8 meter dan dalam 6 meter tiba-tiba muncul di tengah jalan, tepat di depan mobil nahas tersebut.

Aspal jalan, kabel listrik, lampu menerangan, dan reruntuhan jalan ikut tertelan lubang sinkhole.  Petugas sempat kewalahan melakukan evakuasi di tengah kondisi gelap gulita tanpa penerangan jalan.

Kecelakaan terjadi di jalan raya di antara Kota Simferopol di semenanjung Crimea, yang jadi obyek sengketa dan desa Nikolaevka. 

Seorang juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana  mengatakan, mustahil pengendara bisa menghindari lubang tersebut, apalagi jalanan gelap saat tragedi terjadi.

Dia menambahkan, 6 orang yang kehilangan nyawa diduga tewas seketika dalam musibah itu. Sejauh ini belum diketahui apa yang membuat sinkhole terbentuk, masih dalam penyelidikan.

Apa Shinkole Itu

Fenomena lubang runtuhan (Shinkole) kerap terjadi di daerah dengan batuan dasar kaya kapur, Sinkhole terbentuk saat air melarutkan mineral di batuan dasar, membuat struktur di permukaan tanahnya bertenger di atas material yang rentan. Menunggu hancur.

Sinkhole yang sedang dalam proses pembentukan, petunjuk keberadaannya bisa ditemukan pada struktur di atasnya. Misalnya, tiang pagar yang kendur atau merosot, pepohonan yang rebah. Tanda-tanda yang lebih halus termasuk pintu dan jendela yang tak menutup semestinya.

Sinyal Peringatan

Hujan lebat bisa memicu runtuhnya sinkhole, yang awalnya terbentuk secara perlahan. Ketika air hujan terkumpul di sebuah area, yang sebelumnya tak pernah tergenangi air, bisa jadi itu sebuah pertanda.

Tetapi sering terjadi secara tiba-tiba, seperti yang terjadi di Florida baru-baru ini.

Kamis malam itu , sebuah sinkhole tiba-tiba terbentuk di Tampa, Florida. Lubang besar berdiameter 9 meter itu menelan kamar tempat Jeffrey Bush (37) sedang tidur di dalamnya.

Kakak korban dan petugas berusaha menyelamatkannya. Namun, hingga Jumat pagi, pendeteksi suara dan kamera yang ditempatkan di lubang itu tak menemukan tanda-tanda kehidupan.

Seperti dimuat situs sains, LiveScience, peristiwa sinkhole yang terbentuk dengan cepat, yang menelan Jeffrey dalam tidurnya, sejatinya tak biasa. Sebab, kebanyakan sinkhole memberikan tanda-tanda peringatan sebelum ia menghancurkan permukaan tanah. (Ais)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru