Tuesday, November 12, 2019
Home > Berita > Dikaji, Pak Ogah Menjadi Tim Supeltas, Digaji Sesuai UMR

Dikaji, Pak Ogah Menjadi Tim Supeltas, Digaji Sesuai UMR

Pak Ogah di putaran jalan. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Rencana merekrut warga sipil pembantu pengurai kemacetan atau biasa disebut Pak Ogah untuk menjadi Tim Supeltas (Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas) yang akan mendapat gaji sesuai Upah Minimum Regional (UMR) masih digodok polisi.

“Masih dikaji. Nanti akan dilihat bagaimana caranya apakah itu diberlakukan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin, (24/7).

Digandengnya Pak Ogah ini diharapkan bisa membantu tugas Polantas mengatur lalu lintas dan membantu mengurai kemacetan yang sering mengular di sejumlah titik IbuKota Jakarta akibat pembangunan infranstruktur.

Namun, keberadaan Pak Ogah masih dikeluhkan sebagian pengendara karena tidak sedikit yang memaksa meminta uang untuk jasanya meloloskan kendaraan.

Karena itu, rencananya Pak Ogah akan diubah menjadi Tim Supeltas dengan dibekali pemahaman khusus dan diberi peralatan yang menunjang pekerjaan mereka serta akan diberi gaji sesuai UMR agar tidak kembali melakukan pungli.

“Tentunya nanti kalau kami memanfaatkan dan memberdayakan masyarakat, perlu kami cek betul,” ujar Argo.

Koordinasi dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga terus dikebut. Ke depan, dana operasional untuk menggaji Tim Supeltes ini bisa dikucurkan melalui dana hibah atau Company Social Responsibily (CSR) dari perusahaan swasta.

Selain itu, polisi juga perlu melakukan pembahasan yang cukup matang terkait rencana ini, di antaranya bagaimana cara memantau pekerjaan mereka hingga sanksi yang dikenakan jika Tim Supeltas kembali melakukan pungli terhadap pengendara.

“Jangan sampai kami rekrut malah merugikan kepolisian. Bagaimana teknisnya, apakah perlu dilakukan kami memberdayakan mereka, apakah personel kurang masih dikaji,” tandas Argo. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru