Friday, January 24, 2020
Home > Berita > Dikabarkan Meninggal Saat Masih Hidup

Dikabarkan Meninggal Saat Masih Hidup

Sean Connery (Foto Ist)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Sam Bimbo, atau pemilik nama lengkap Raden Muhammad Samsudin Harjakusumah (74), bukan satu-satunya orang yang dikabarkan  meninggal saat masih hidup. Terdapat sejumlah nama lainnya yang mengalami hal serupa, termasuk bintang-bintang dunia.

Aktor senior Sean Connery, aktor terkenal dunia dan pemeran film legendaris 007 James Bond, 17 Desember 2015 lalu dikabarkan meninggal di Selandia Baru. Kabar melalui media sosial itu cepat berkembang, hingga akhirnya bintang kelahiran Edinburg (Skotlandia) 25 Agustus 1930 itu membantahnya sendiri.

Tidak diketahui pasti maksud pengabaran meninggalnya Sean. Begitu juga dengan Sam Bimbo, yang Senin (11/4) lalu dikabarkan telah berpulang. Bahkan sejumlah media juga terlanjur ikut memberitakan dan akhirnya meluruskan kembali berita bohong tersebut.

Sam Bimbo, juga seperti Sean, juga membantah sendiri berita tersebut. “Saya sehat-sehat saja,” katanya.

Sam memang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Asri, Jalan Duren Tiga Raya, Jakarta Selatan. Dia didiagnosa mengalami infeksi saluran pernafasan dan kelelahan. Namun saat diberitakan meninggal dia telah dalam kondisi membaik.

Aktor laga asal Hong Kong, Jackie Chan, juga menjadi salah satu korban hoax (kabar bohong). Dia dikabarkan meninggal akibat serangan jantung pada Mei 2015 lalu.

Kabar yang beredar di dunia maya itu membuat heboh penggemar film laga Tiongkok. Jackie Chan sendiri akhirnya juga membantah sendiri kabar bohong tersebut.

Kabar bohong serupa juga pernah dialami penyanyi dan artis Fatin Shidqia Lubis (19). Dia dikabarkan meninggal dalam sebuah kecelakaan lalu lintas, Februari 2016 lalu.

Fatin juga membantah kabar itu melalui media sosial.
Kabar bohong ini bukan hal baru, telah terjadi sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Hal tersebut pernah dialami salah seorang wartawan perang asal Australia, Kate Webb, tahun 1971, yang menjadi berita utama.

Dikabarkan, ketika dia meliput perang Vietnam, Webb dibunuh. Surat kabar New York Times sempat menerbitkan obituari khusus di halaman depan. Padahal sejatinya dia masih hidup.

Ketika itu Webb bersama lima orang lainnya memang menjadi korban penyanderaan pasukan Vietnam Utara di Kamboja. Dia sempat 23 hari ditahan dan disiksa, hingga akhirnya melarikan diri. Webb selamat dan dia meninggal secara wajar Mei 2007.

Banyak sosok lain yang mengalami kabar bohong tentang kematiannya, termasuk seorang aktor berdarah Italia-Uruguay, Luca Barbarschi. Anehnya kabar kematian bohong tersebut ada yang dimanfaatkan untuk popularitas.(Berbagai sumber/Janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru