Tuesday, October 22, 2019
Home > Berita > Dapat Upah Rp 5 Juta dan Tiket PP, TKI Selundupkan Shabu dari Malaysia

Dapat Upah Rp 5 Juta dan Tiket PP, TKI Selundupkan Shabu dari Malaysia

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Surabaya) – Penyelundupan shabu 416 gram di Terminal 2 Kedatangan Bandara Internasional Juanda, Surabaya di Sidoarjo, digagalkan petugas Kanwil BC Jawa Timur.

Petugas juga mengamankan M. Ariyanto, 26, TKI di Malaysia asal Probolinggo. “Shabu yang harganya mencapai semiliar rupiah itu dibawa pelaku dari Malaysia,” kata Kepala Kanwil BC Jawa Timur M. Mulyono, Selasa (27/12).

Usai melakukan penangkapan Ariyanto, pihak Kanwil DJBC bersama Polda Jawa Timur melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan dua anggota jaringan narkoba di daerah Pasuruan, yakni Sulaiman dan Sudiyanto. “Mereka berperan sebagai pemesan barang dan kurir,” katanya.

Seperti kasus yang berhasil diungkap bulan lalu, modus penyelundupan yang dilakukan tersangka menyimpan narkoba dalam gagang koper pakaian berwarna hijau.

“Tersangka dari Malaysia menumpang Pesawat Air Asia XT-8298 dengan rute Kuala Lumpur Malaysia-Surabaya,” sambungnya.

Dirnarkoba Polda Jawa Timur, Kombes Gagas Nugraha mengatakan, ini hasil pengembangan, dua orang ditangkap di Pasuruan.

Dijelaskan, TKI asal Probolinggo tersebut tergoda saat jaringan narkoba Malaysia mengiming-imingi upah Rp5 juta untuk membawa 415 gram shabu ke Indonesia. TKI yang baru beberapa bulan bekerja di Negeri Jiran ini juga mendapat fasilitas tiket Pulang Pergi (PP) untuk kembali ke Malaysia.

“Ini kopernya juga masih baru dan semua tiket disediakan jaringan narkoba ini. Tersangka tinggal berangkat,” kata salah satu petugas Serse Narkoba Polda Jatim. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru