Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Cuaca Ekstrim Ancam Bunuh Ribuan Orang

Cuaca Ekstrim Ancam Bunuh Ribuan Orang

Akibat cuaca panas ekstrim membuat sebuah sungai di Pavia, Italia utara, kering kerontang. (Foto: AFP/BBC News)

Akibat cuaca panas ekstrim membuat sebuah sungai di Pavia, Italia utara, kering kerontang. (Foto: AFP/BBC News)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Cuaca ekstrim mengancam membunuh hingga 152.000 orang setiap tahun di Eropa pada tahun 2100,  jika tidak ada upaya mengendalikan dampak perubahan iklim.

BBC News meleporkan, Sabtu (5/8), para ilmuwan yang tergabung dalam The Lancet jurnal Planetary, yang melakukan studi kesehatan menyimpulkan, jumlah kematian bisa 50 kali lebih banyak bila tidak ada langkah-langkah pengendalian.

Gelombang panas akan menyebabkan 99% dari semua kematian yang berhubungan dengan cuaca, dan Eropa selatan akan terkena dampak terburuk. Para ahli itu mengatakan,temuan jurnal tersebut sangat mengkhawatirkan.

Studi Pusat Penelitian Bersama Komisi Eropa mengatakan, jika tidak ada upaya  mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan kebijakan yang mengurangi dampak terhadap kejadian cuaca ekstrim, maka kemungkinan yang terjadi antara lain meningkatnya kematian akibat bencana.
“Perubahan iklim merupakan salah satu ancaman global terbesar terhadap kesehatan manusia di abad ke-21,” kata Giovanni Forzieri, salah satu penulis studi tersebut.

“Pemanasan global sebagai hal yang mendesak untuk dikendalikan. Perlu  diambil langkah-langkah tepat, jika tidak mau sekitar 350 juta orang Eropa  terkena dampak iklim ekstrem yang berbahaya  akhir abad ini,” katanya lagi

Paul Wilkinson, seorang profesor di London School of Hygiene dan Tropical Medicine, yang tidak terlibat dalam penelitian, mengatakan, kekhawatiran itu mungkin terjadi jika emisi gas rumah kaca terus berlanjut.***(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru