Wednesday, July 08, 2020
Home > Berita > COVID-19: Argentina Perketat “Kunciaan”, Hasil Tes 16 Pemain NBA AS Positif

COVID-19: Argentina Perketat “Kunciaan”, Hasil Tes 16 Pemain NBA AS Positif

Drone menampilkan kata-kata "Harapan" untuk mengenang para korban COVID-19 dan menghormati petugas kesehatan, di Madrid, Spanyol. (Foto AP/Al Jazeera)

Drone menampilkan kata-kata "Harapan" untuk mengenang para korban COVID-19 dan menghormati petugas kesehatan, di Madrid, Spanyol. (Foto AP/Al Jazeera)

mimbar-rakyat.com – Lebih dari 9,7 juta orang di seluruh dunia telah didiagnosis terinfeksi COVID-19, s sekitar 4,9 juta orang di antaranya telah pulih. Namun lebih dari 493.000 orang telah meninggal. Demikian menurut Universitas Johns Hopkins.

Mengutip Al Jaazeera beradasarkan laporan yang disusun reporternya  Zaheena Rasheed dan Usaid Siddiqui, disebutkan  India memiliki lebih dari 500.000 kasus virus corona yang dikonfirmasi, dengan lompatan harian tercatat 18.500 infeksi baru.

Alberto Fernandez, presiden Argentina, mengatakan negara Amerika Selatan itu akan memperluas dan memperketat penguncian di dalam dan sekitar Buenos Aires menyusul kenaikan tajam dalam kasus virus corona baru.

Sementara enam belas pemain NBA di AS telah dites positif  virus corona baru dalam gelombang pertama tes wajib saat liga memulai kembali. Terkait itu Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence telah mengatakan bahwa 16 negara bagian di seluruh AS melihat peningkatan dalam kasus virus corona baru.

Berikut ini adalah pembaruan terbaru, Sabtu, 27 Juni:
06:15 GMT – Negara bagian Victoria di Australia mencatat 41 kasus baru yang dikonfirmasi tentang coronavirus pada hari Sabtu, atau dua kali lipat dari angka harian yang terlihat seminggu yang lalu. Victoria berjuang untuk mendapatkan kendali atas pandemi sementara negara lain terus mengurangi pembatasan jarak sosial.

Victoria, negara bagian terpadat kedua di negara itu, kini telah mengalami 11 hari berturut-turut dari dua kasus baru, sebagian besar terkait dengan wabah yang diketahui di pinggiran kota Melbourne, kata pejabat kesehatan. Victoria memiliki 204 dari total Australia sekitar 270 kasus aktif.

“Kami sangat prihatin,” kata wakil kepala petugas kesehatan Victoria, Annaliese van Diemen, dalam konferensi pers.

05:50 GMT – Kasus-kasus coronavirus yang dikonfirmasi di India mencapai setengah juta pada hari Sabtu dengan rekor lonjakan 24 jam dari 18.552 infeksi. Kementerian Kesehatan juga melaporkan 384 kematian baru, sehingga totalnya menjadi 15.685.

Lonjakan mendorong pihak berwenang di negara bagian timur laut Assam untuk memberlakukan dua minggu penutupan di ibukota negara bagian Gauhati. Sekitar 700 kasus baru dilaporkan di sana hanya dalam empat hari.

05:15 GMT – Microsoft mengatakan akan menutup semua toko dan memindahkan operasi ritelnya secara online, menjaga hanya empat lokasi, termasuk di New York, London dan Sydney, dan mengubahnya menjadi “pusat pengalaman”.

Langkah itu berarti lebih dari 80 toko Microsoft tutup karena pandemi coronavirus tidak akan dibuka kembali ketika raksasa teknologi memasuki “pendekatan baru untuk ritel”, menurut sebuah pernyataan.

04:52 GMT – China dan Korea Selatan melaporkan peningkatan dalam kasus coronavirus baru, dengan Beijing mencatat 21 kasus dan Seoul mencatat 51 infeksi tambahan.

Angka-angka ini membawa beban kasus China menjadi 83.438. Sekitar 17 dari 21 kasus dikonfirmasi di ibukota China, di mana pihak berwenang mengatakan mereka telah tertular wabah terkait dengan dibukanya pasar makanan grosir di bawah kendali.

Di Korea Selatan, 35 kasus baru datang dari daerah Seoul yang berpenduduk padat, yang telah menjadi pusat kebangkitan COVID-19 sejak akhir Mei. Total beban kasus di negara ini sekarang mencapai 12.653, termasuk 282 kematian.

04:01 GMT – Para penggemar yang berkumpul di pusat kota Liverpool untuk malam kedua berturut-turut untuk merayakan kemenangan gelar Liga Primer tim mereka telah didesak untuk kembali ke rumah mereka karena kekhawatiran akan meningkatnya kasus COVID-19.

Polisi mengeluarkan perintah pembubaran pada hari Jumat setelah kerumunan besar muncul di pusat kota dekat terminal Mersey Ferry, mengatakan perintah itu akan tetap berlaku sampai Sabtu.

03:32 GMT – AS mencatat setidaknya 40.870 kasus baru COVID-19 pada hari Jumat, peningkatan pandemi satu hari terbesar, menurut penghitungan Reuters.

Catatan baru membawa jumlah total penduduk AS yang telah dites positif menjadi setidaknya 2,475 juta. Dr Anthony Fauci, pakar penyakit menular top negara itu, mengatakan AS sedang menghadapi “masalah serius” dan mendesak orang-orang untuk memikirkan tanggung jawab mereka kepada orang lain: “Risiko bagi Anda tidak hanya terisolasi bagi Anda.”

03:24 GMT – Dana Moneter Internasional mengatakan akan memberi Myanmar $ 356,5 juta dana darurat, karena negara Asia Tenggara itu berjuang mengatasi kemerosotan ekonomi akibat pandemi coronavirus.

“Ekonomi Myanmar sedang dipengaruhi oleh pecahnya COVID-19 melalui penurunan tajam dalam pariwisata dan pengiriman uang dan gangguan rantai pasokan,” Mitsuhiro Furusawa, wakil direktur pelaksana IMF, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dana tersebut “akan membantu mengatasi kebutuhan pendanaan mendesak Myanmar terkait dengan goncangan COVID-19, dan mengkatalisasi dukungan dari mitra pembangunan”.

03:17 GMT – Sekitar 40 drone menerangi langit malam Madrid pada hari Jumat sebagai bagian dari tampilan khusus yang dirancang untuk memberikan penghormatan kepada para korban wabah coronavirus serta untuk menghormati layanan darurat.

Drone menciptakan berbagai bentuk selama 10 menit rutin seperti merpati terbang, rumah dan orang tua dan anak-anak berjalan, serta berbagai bendera negara-negara yang terpukul oleh wabah COVID-19, termasuk Spanyol, Italia, Prancis, China dan AS.

Menggunakan LED dan perangkat lunak yang disiapkan, mereka juga menjabarkan pesan termasuk “Harapan” dan “Pahlawan”.

02:11 GMT – Inggris mengatakan akan mencabut aturan karantina virus corona dua minggu untuk pengunjung yang datang dari beberapa negara “berisiko rendah”, setelah mendapat tekanan dari maskapai penerbangan dan sektor pariwisata.

Pemerintah mengatakan akan menerbitkan daftar minggu depan dari negara-negara di mana orang akan diizinkan masuk ke Inggris tanpa perlu mengisolasi diri selama 14 hari, seperti yang saat ini diperlukan. Pengumuman akan mengikuti diskusi dengan negara-negara termasuk Perancis, Yunani dan Spanyol dalam “hari-hari yang akan datang”, dengan perubahan yang ditetapkan berlaku pada minggu mulai 6 Juli.

Panel ahli akan menempatkan negara ke dalam tiga kategori: hijau, kuning dan merah. Penumpang yang datang dari negara-negara hijau dan kuning tidak lagi harus mengkarantina diri selama 14 hari setelah kedatangan mereka.

“Sistem penilaian risiko baru kami akan memungkinkan kami untuk dengan hati-hati membuka sejumlah rute perjalanan yang aman di seluruh dunia,” kata seorang juru bicara pemerintah. “Tapi kami tidak akan ragu untuk mengerem jika ada risiko muncul kembali.”

02:06 GMT – Presiden Kolombia Ivan Duque menyebut Venezuela sebagai “bom waktu” kesehatan masyarakat, dengan mengatakan kurangnya informasi yang dapat dipercaya tentang status wabah coronavirus tetangganya adalah kekhawatiran ketika pemerintahnya berusaha mengendalikan infeksi sendiri.

Venezuela telah mengakui hanya 4.600 kasus virus corona dan 39 kematian, sementara Kolombia telah melaporkan sekitar 80.600 kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 2.600 kematian.

“Dalam kasus Venezuela informasinya tidak ada,” kata Duque dalam sebuah wawancara dengan Reuters. “Tidak ada kapasitas rumah sakit yang baik atau kapasitas epidemiologis yang baik; untuk waktu yang lama mereka tidak memiliki program vaksinasi serius.”

“Saya pikir Venezuela adalah bom waktu dari sudut pandang kesehatan masyarakat.”

01:20 GMT – Seorang hakim federal memblokir negara bagian New York dari memberlakukan pembatasan coronavirus yang membatasi pertemuan keagamaan dalam ruangan hingga 25 persen kapasitas ketika jenis pertemuan lainnya dibatasi hingga 50 persen.

Hakim Gary Sharpe mengatakan kegiatan keagamaan penggugat “akan dibebani dan terus diperlakukan kurang menguntungkan daripada kegiatan sekuler yang sebanding”.

Dia juga mencabut pembatasan yang membatasi jumlah orang yang dapat menghadiri pertemuan keagamaan di luar ruangan, mencatat bahwa baik Gubernur negara bagian Andrew Cuomo dan Walikota New York Bill de Blasio telah menyatakan persetujuan untuk protes terhadap rasisme dan kebrutalan polisi bulan lalu sambil terus mendukung pembatasan agama. pertemuan.

00:49 GMT – Uni Eropa (UE) diatur untuk mengecualikan para pelancong dari Amerika Serikat, Brazil, dan Rusia ketika blok itu membuka kembali perbatasannya kepada pihak luar pada 1 Juli.  Para diplomat mengatakan hal itu kepada AFP dan Reuters, mengutip transmisi virus corona baru yang tidak terkendali di tiga negara.

Para duta besar dari 27 negara anggota UE bertemu pada Jumat sore untuk menetapkan kriteria pemberian akses bebas karantina mulai Rabu depan.

00:12 GMT – Alberto Fernandez, presiden Argentina, mengatakan negara Amerika Selatan itu akan memperluas dan memperketat penguncian di dalam dan sekitar Buenos Aires menyusul kenaikan tajam dalam kasus virus corona baru.

Secara keseluruhan kasus di Argentina telah meningkat lima kali lipat sejak akhir Mei, melampaui 50.000 pada hari Kamis ketika ada 2.606 kasus harian baru yang dikonfirmasi. Korban tewas berdiri di lebih dari 1.150.

Fernandez mengatakan pembatasan pergerakan di ibukota berpenduduk padat akan diperketat lagi sampai 17 Juli. “Kita perlu mendapatkan waktu untuk menjamin bahwa sistem kesehatan kita siap dan dapat melayani semua orang… Karantina adalah obat untuk pandemi, satu-satunya yang kita tahu. ”

Dia menambahkan: “Ekonomi sedang memburuk, tetapi ekonomi akan pulih. Sayangnya kita tidak akan pulih adalah ribuan orang Argentina yang telah meninggalkan kita.”***sumber Al Jazeera dan kantor berita, Google. (edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru