Sunday, December 15, 2019
Home > Gaya Hidup & Kesehatan > Cara Mengatasi Vertigo

Cara Mengatasi Vertigo

Ilustrasi - Cara Mengatasi Vertigo. (dbagus.com)

Anda atau keluarga atau kerabat kerap merasa sakit kepala? Orang mengatakan mungkin karena vertigo. Apa sebenarnya vertigo dan bagaimana mengatasinya?

Vertigo merupakan gangguan keseimbangan yang terjadi pada telinga bagian dalam sehingga penderita vertigo merasa pusing atau ruang di sekelilingnya terasa berputar atau melayang.

Penyakit vertigo menunjukkan bahwa telah terjadi ketidakseimbangan dalam tonus vestibular, akibat  telah hilangnya masukan perifer yang disebabkan kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau dapat disebabkan oleh kerusakan unilateral dari sel inti vestibular atau pada aktivitas vestibulocerebellar.

Penyebab vertigo tidak terjadi karena faktor keturunan, namun disebabkan karena beberapa faktor seperti migrain, radang pada leher, kelainan saraf, mabuk kendaraan, mabuk karena pengaruh alkohol, adanya infeksi bakteri pada telinga, gangguan penglihatan, kekurangan asupan oksigen ke otak, tekanan emosional, stres, dan obat-obatan.

Nah, bagaimana cara mengatasi vertigo?

Anda dapat melakuka latihan vestibular untuk mengatasi vertigo, seperti dilansir ayokesehatan.blogspot.co.id.  Latihan vestibular sebagai berikut.

1. Berdiri tegak, buka mata dan kemudian tutup. Lakukan 5 kali.
2. Gerakan kepala berputar. Pasang dagu ke dada, putar kepala ke kiri, dan mengubah ke arah kanan, lakukan 3 kali.
3. Gerakan wajah menghadap ke atas, lalu turun dengan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah. Kemudian naik lagi menghadap ke atas perlahan-lahan dan lakukan 3 kali.
4. Melatih gerakan kepala miring, yaitu dengan mencoba untuk tetap telinga bagian kiri ke bahu kiri. Tahan sampai 15 detik, kemudian lakukan pada telinga sebaliknya. Ulangi setiap bagian telinga masing 3 kali.
5. Duduk dengan posisi punggung lurus dan mata terbuka. Lalu berdiri. Pada saat Anda berdiri, tutup mata dan ulangi 3 kali.
6. Melatih gerakan bola mata Anda ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan mata terbuka. Ulangi pada setiap arah masing-masing 3 kali. Kemudian lanjutkan dengan menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertikal.
7. Lakukan praktek otot mata dengan mengikuti kemana arah objek yang bergerak, fokuskan mata pada obyek stasioner.

Baca Juga:  tentang-vertigo-dan-penyebabnya

Tapi harus Anda ingat, tidak semua pusing merupakan vertigo. Pusing belum tentu disebabkan karena vertigo. Kondisi yang sedang dialami tersebut mungkin disebabkan karena tekanan darah rendah (hipotensi), lapar, atau perasaan cemas. Sebaiknya segera hubungi dokter Anda.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru