Monday, February 17, 2020
Home > Internasional > Cak Nun: ISIS Rekayasa Kuasai Timur Tengah

Cak Nun: ISIS Rekayasa Kuasai Timur Tengah

Emha Ainun Najib

Emha "Cak Nun" Ainun Najib (nahimunkar.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Temanggung) – Gerakan militan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria = Negara Islam Irak dan Suriah)  merupakan hasil rekayasa pihak tertentu dalam usaha melemahkan sekaligus menguasai kawasan Timur Tengah.

Ini pendapat yang dilontarkan budayawan Emha Ainun Najib yang akrab dipanggil Cak Nun saat berbicara di Temanggung, Jumat malam.

“Semua itu rekayasa, ada yang membikin dan tidak mungkin gerakan itu menjadi main stream, karena apa mungkin orang sedunia menjadi ISIS semua,” kata Cak Nun, yang juga penyair itu.

Ia menyatakan pendapatnya itu usai pentas bersama Kiai Kanjeng di Alun-Alun Temanggung dalam acara “Sinau Kedaulatan Bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng” yang diselenggarakan Pemkab Temanggung bersama Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Temanggung.

Ia menuturkan yang mereka bunuh itu bukan orang kafir, tetapi yang mereka bunuh itu sesama orang Islam.

“Gerakan itu merupakan program permanen memecah belah Timur Tengah atau memecah belah Islam sehingga mereka rapuh,” kata suami mantan artis Novia Kolopaking itu, dengan menambahkan, “Kalau sudah rapuh, maka minyaknya diambil seperti Irak.”

“Suriah ini sulit diambil maka dibuatlah ISIS, jadi itu hanya orang merampok,” katanya pada acara yang dihadiri ribuan warga Temanggung, khususnya para petani tembakau.

Panitia “Sinau Kedaulatan Bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng” Agus Setiawan menuturkan Cak Nun merupakan sosok yang memiliki perhatian serius terhadap kedaulatan, baik kedaulatan bangsa maupun kedaulatan individu.

“Acara ini untuk belajar kedaulatan secara lebih luas dan mendalam sekaligus sekaligus bermujahadah menyambut masa tanam tembakau,” katanya.

Ia mengharapkan melalui kegiatan ini pemahaman masyarakat tentang kedaulatan semakin kuat. (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru