Wednesday, November 13, 2019
Home > Berita > Butuh Waktu untuk Mengidentifikasi DNA Korban Lion Air JT-601

Butuh Waktu untuk Mengidentifikasi DNA Korban Lion Air JT-601

Serpihan dari Lion Air JT-601 yang jatuh. (Foto Isstimewa)

Serpihan dari Lion Air JT-601 yang jatuh. (Foto Isstimewa)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Identifikasi para korban penumpang Lion Air JT-601 yang jatuh Senin (29/10), di perairan Kabupaten Karawang, Jawa Barat,  akan difokuskan pada data yang masuk untuk mempersingkat proses.

Kepala Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Musyafak, menyatakan, namun tidak semua korban bisa teridentifikasi segera. Dibutuhkan waktu sesuai kondisi.

“Kalau misalnya dewasa dan hanya serpihan membutuhkan data lengkap antemortem, sampel DNA-nya, baik antem maupun post mortem kita periksa…… 4-5 hari baru teridentifikasi,” ujar Musyafak, seperti dikutip dari Antara News.

Hingga hari ini telah 151 keluarga korban kecelakaan pesawat Lion Air JT-610  Jakarta-Pangkalpinang, Bangka Belitung,  mendatangi Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk mengetahui  hasil identifikasi DNA.

“Untuk pemeriksaan DNA sudah kami buka , dan sampai dengan Selasa pagi sudah ada 151 keluarga,” kata Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto, di Jakarta,

Pemeriksaan DNA dilakukan secara bertahap karena dalam  kegiatan antemortem tidak semua keluarga yang datang bisa diperiksa DNA-nya.

Sejumlah ahli-ahli psikologi, selain dari Polri, UI, beberapa rumah sakit, termasuk TNI, dikatakanm  bergabung di RS Polri untuk memberikan terapi-terapi psikologi kepada keluarga korban.***(dta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru