Sunday, August 09, 2020
Home > Internasional > Bom Bunuh Diri Tewaskan 20 Orang di Baghdad

Bom Bunuh Diri Tewaskan 20 Orang di Baghdad

MIMBAR-RAKYAT.com (Baghdada) – Sebanyak 20 orang tewas dan 25 lainnya cedera dalam serangan bom bunuh diri yang ditujukan ke satu tempat ibadah di Ibu Kota Irak, Baghdad, Minggu malam (19/10), kata  sumber di kepolisian.

Seorang pembom bunuh diri yang mengenakan jaket peledak meledakkan dirinya di Abbas Al-Adly, Masjid Syiah, yang terletak di Daerah Harithiya di Baghdad Barat, dan menewaskan 22 orang termasuk pembom bunuh diri tersebut. Sementara itu tak kurang dari 15 orang lagi cedera, kata sumber di Kementerian Dalam Negeri Irak yang tak ingin disebutkan jatidirinya kepada media.

Sumber itu menambahkan jumlah korban jiwa mungkin bertambah saat ambulans dan kendaraan polisi terus mengungsikan korban ke rumah sakit, demikian laporan media transnasional Senin pagi.

Irak telah menyaksikan kerusuhan terparahnya selama bertahun-tahun. Aksi teror dan kekerasan telah menewaskan 5.576 warga sipil di Irak dalam semester pertama tahun ini, dan 11.666 orang lagi cedera, kata satu laporan PBB.

Situasi keamanan mulai memburuk secara drastis di negeri tersebut pada 10 Juni, ketika bentrokan berdarah meletus antara pasukan keamanan Irak dan anggota Negara Islam (IS), kelompok sempalan Al Qaida yang merebut kendali atas Kota Mosul di Irak Utara. Belakangan kelompok fanatik itu menguasai banyak wilayah setelah pasukan keamanan Irak meninggalkan pos mereka di Nineveh serta provinsi lain yang mayoritasnya warganya pemeluk Sunni.

Pada Ahad pagi, satu delegasi Liga Arab bertemu dengan Presiden Irak Fuad Masoum, Perdana Menteri Haider Al-Abadi dan Ketua Parlemen Salim Al-Jubouri dalam upaya memperlihatkan dukungan mereka buat aksi militer Irak terhadap kelompok fanatik itu.

Pada September, Amerika Serikat berusaha membangun koalisi negara regional dan internasional untuk mematahkan gerak maju cepat Negara Islam. Sejauh ini, koalisi pimpinan AS tersebut telah melancarkan beberapa serangan udara terhadap kelompok bersenjata itu di Irak dan Suriah.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru