Sunday, September 15, 2019
Home > Berita > BNPB Ajak Masyarakat Berpartisipasi Pada Hari Kesiapsiagaan Bancana

BNPB Ajak Masyarakat Berpartisipasi Pada Hari Kesiapsiagaan Bancana

Mimbar-Rakyat.com (Nusa Dua) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi aktif pada Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) pada tanggal 26 April 2018.

BNPB melalui siaran persnya, Kamis (12/4) menyatakan, meminta komitmen seluruh lapisan masyarakat berpartisipasi aktif dalam membangun kapasitasnya mengenai kesiapsiagaan bencana.

26 April merupakan tanggal kelahiran Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana yang telah mengubah paradigma mengenai perspektif kebencanaan dari responsif menjadi preventif.

Geladi Parsial bahkan telah dilakukan TNI AL. Pada kesempatan ini, kegiatan Geladi Parsial Pengamanan dan Evakuasi Bencana Alam dilaksanakan untuk latihan pelaksanaan pengamanan dan evakuasi dalam rangka mengantisipasi terjadinya Bencana Alam serta mendukung HKB tahun 2018.

Geladi Parsial Pengamanan dan Evakuasi Bencana Alam yang dilaksanakan pada tanggal 11 sd 13 April 2018 tersebut juga dilakukan sebagai bentuk partisipasi untuk HKB tahun 2018, dimana HKB diinisiasikan oleh BNPB untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana.

Dalam melaksanakan Geladi Parsial, Satgas melaksanakan koordinasi dengan BNPB dan BPBD Prov. Bali. Satgas Geladi Parsial Pengamanan dan Evakuasi Bencana Alam tersebut melatih kesiapan unsur-unsur Satgas dalam melaksanakan pengamanan dan evakuasi untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam melalui jalur laut.

“Agar mendapatkan hasil yang optimal, perlu dilatihkan dari berbagai pihak terkait untuk bersama-sama dan bersinergi melaksanakan kerjasama dan saling mengisi kekurangan yang ada”, jelas Kolonel Laut Sawa Dansatfibarmatim selaku Dansatgas.

Skenario yang diterapkan dalam Geladi Parsial Pengamanan dan Evakuasi Bencana Alam ini yaitu melaksanakan evakuasi dari tempat berkumpul menggunakan LCU, Sea Rider, Perahu Karet, maupun Helicopter menuju ke KRI dr. Soeharso-990 dengan waktu kurang dari 20 menit.

Kegiatan Geladi Parsial dipusatkan di pantai dan Perairan Nusa Dua, Bali. Kegiatan dilakukan untuk membuktikan bahwa BNPB, BPBD Prov. Bali dan Satgas Pengamanan dan Evakuasi Bencana Alam siap menanggulangi akibat bencana yang terjadi, khususnya untuk pelaksanaan Annual Meeting IMF WB pada bulan Oktober mendatang.

BNPB menargetkan partisipan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2018 mencapai 25 juta orang dari seluruh Indonesia. Di mana pada tanggal 26 April, diharapkan dilaksanakan latihan penanggulangan bencana mandiri secara serentak oleh seluruh lapisan masyarakat.

Khusus di Bali, BNPB berharap adanya partisipasi aktif mulai dari keluarga, wisatawan, perkantoran, perhotelan serta tempat-tempat publik lainnya. Sebagai langkah menuju bangsa yang tangguh menghadapi bencana.

Kepala BNPB, Willem Rampangilei, telah mensosialisasikan HKB tahun 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center sejak jauh-jauh hari, yakni 23 Maret 2018 lalu. Kegiatan Sosialisasi HKB tahun 2018 tersebut dihadiri oleh kurang lebih 200 orang dari berbagai elemen masyarakat,***(edy t)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru