Sunday, February 23, 2020
Home > Berita > Berenang Bersama Hiu Putih Hamil yang Sangat Besar

Berenang Bersama Hiu Putih Hamil yang Sangat Besar

Hiu, yang disebut sebagai '' Deep Blue '', berenang di lepas pantai Hawaii. (Foto: (@ JuanSharks/@ OceanRamsey/Juan Oliphant/oneoceandiving.com via Reuters/All Jazeera)

Hiu, yang disebut sebagai '' Deep Blue '', berenang di lepas pantai Hawaii. (Foto: (@ JuanSharks/@ OceanRamsey/Juan Oliphant/oneoceandiving.com via Reuters/All Jazeera)

Hiu itu, yang diyakini berusia setidaknya 50 tahun dan beratnya diperkirakan 2,5 ton, “sangat lebar”, sekitar 2,4 meter, dan mungkin sedang hamil.

Mimbar-Rakyat.com (Hawaii) – Hiu putih dewasa yang sangat besar – diyakini sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah – ditemukan di lepas pantai Hawaii oleh penyelam yang berenang bersama predator tersebut.

Hiu betina setinggi enam meter – bertanda mirip dengan “Deep Blue,” hiu putih besar terbesar yang tercatat – membuat penampilan mengejutkan pada hari Selasa lalu waktu setempat, bergabung dengan hiu lainnya berpesta di atas bangkai paus sperma di Oahu.

Al Jazeera melaporkan, rekaman muncul dari penyelam yang berada dekat hiu putih besar, terbesar yang pernah ada. Penyelam  Kimberly Jeffries berharap dapat menangkap gambar makhluk laut yang sedang makan bangkai ikan paus di lepas pantai Oahu, Hawaii itu.

Jeffries mengatakan melihat tiga hiu betina besar adalah “sumber pengetahuan yang luar biasa bagi komunitas ilmiah”.  Dia menggambarkannya itu sebagai “salah satu hal paling menakjubkan yang pernah ada”.

“Kami melihat beberapa (hiu harimau) dan kemudian dia muncul dan semua hiu lain menyingkir, dan dia mulai menyapu perahu,” kata Ocean Ramsey, salah satu penyelam, menceritakan pertemuan luar biasa dengan Penasihat Bintang Honolulu.

“Dia hanya raksasa lembut yang cantik dan besar ini yang ingin menggunakan perahu kami sebagai tiang garuk,” tambah Ramsey, yang berenang bersama hiu sepanjang hari dan menangkap gambar yang menakjubkan.

“Kami pergi saat matahari terbit, dan dia tinggal bersama kami sepanjang hari.” Ramsey mengatakan hewan itu, yang diyakini berusia setidaknya 50 tahun dan beratnya diperkirakan 2,5 ton, “sangat lebar”, sekitar 2,4 meter, dan mungkin sedang hamil.

Deep Blue, sebutan bagi hiu besar, pernah menjadi subjek film dokumenter beberapa tahun lalu, sebelumnya terlihat di sekitar Pulau Guadalupe di lepas pantai Meksiko.

“Aku menunggu dengan tenang, dengan sabar, mengamati ketika dia berenang ke bangkai paus sperma yang mati dan kemudian perlahan-lahan bagiku lewat cukup dekat. Aku dengan lembut mengulurkan tanganku untuk mempertahankan ruang kecil. Saya tahu beberapa orang mengkritik sentuhan tetapi yang tidak disadari oleh beberapa orang adalah bahwa kadang-kadang hiu mencari sentuhan, dia berenang pergi dikawal oleh dua lumba-lumba bergigi kasar yang menari-nari di sekitarnya ke salah satu kapal penelitian hiu,” kata Ramsey.

Ramsey mempelajari hiu, mengadvokasi konservasi mereka, dan memimpin wisata selam hiu bebas kurungan. Dia dan timnya mengamati dan mengidentifikasi hiu dan berbagi data itu dengan mitra negara bagian dan federal.

“Perairan Hawaii biasanya terlalu hangat untuk putih besar dibandingkan dengan pantai Pasifik California, di mana mereka memakan singa laut dan anjing laut,” kata Ramsey, menunjukkan bahwa putih raksasa itu kemungkinan menuju ke Hawaii karena kelaparan dan kebutuhan nutrisi tambahan dalam kehamilan.

Departemen Pertanahan dan Sumber Daya Alam Hawaii mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, bahwa bangkai paus yang membusuk yang telah menarik begitu banyak hiu melayang ke sekitar 13 km selatan Pearl Harbor setelah diderek 24 km lepas pantai beberapa hari sebelumnya.
Departemen itu mengatakan hiu macan “hampir terus menerus” memakan ikan paus.
Divisi Konservasi dan Sumber Daya lembaga tersebut.***(dta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru