Tuesday, June 02, 2020
Home > Gaya Hidup & Kesehatan > Berapa Kali Sebaiknya Menyikat Gigi dalam Sehari?

Berapa Kali Sebaiknya Menyikat Gigi dalam Sehari?

Cara sikat gigi yang benar. (gegejounay.bs.com)

Menyikat gigi merupakan kebiasaan yang sudah diajarkan orangtua sejak kita masih kanak-kanak, tetapi cara memelihara kebersihan mulut ini berkembang terus sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan. 

Ketika kita berbicara tentang masalah pemeliharaan gigi, maka kita merunut ke beberapa petunjuk yang mengarahkan bagaimana sebaiknya melakukan pekerjaan rutin ini.

Banyak orang bertanya, berapa kali sebaiknya menyikat gigi dalam sehari dan kebiasaan apa yang seharusnya tidak kita perbuat.

Rubrik kesehatan MirrorOnline melakukan wawancara dengan penasihat ilmu pengetahuan  British Dental Association’s, Professor Damien Walmsley, yang memberikan saran apa sebaiknya yang kita lakukan dan apa yang tidak kita lakukan, berkaitan dengan masalah kesehatan mulut dan gigi.

Berapa kali? 

“Cara terbaik menghindari kerusakan gigi adalah dengan menyikatnya dua kali dalam sehari, sebaiknya menggunakan pasta mengandung fluoride. Ini untuk menghilangkan plag pada gigi. Kemudian hindari minuman dan makanan mengandung gula, dan kunjungi dokter gigi secara berkala.” 

Apa yang jangan dilakukan?

  • Jangan menyikat gigi terlalu lama atau terlalu cepat. Penelitian menunjukkan umumnya orang menyikat gigi hanya dalam waktu 45 detik dan dianggap terlalu cepat.
  • Jangan bilas mulut setelah sikat gigi – fluoride membantu menghindari dan mencegah kerusakan gigi.  Bila membilas mulut dapat mengurangi konsentrasi fluoride, jadi meludah saja.

Jangan langsung sikat gigi usai makan. 

 Menyikat gigi terlalu cepat dengan jarak usai makan tidak bagus. Enamel (lapis luar gigi) pada gigi melembut ketika kita usai makan – terlebih bila makan mengandung gula. Sebaiknya tunggu kira-kira satu jam, baru sikat gigi, agar enamel pada gigi mengeras.

  • Jangan gunakan sikat gigi keras karena dapat merusak bagian lembut pada gusi kita.
  • Jangan menyikat terlalu keras. Bulu-bulu sikat gigi harus menggosok gigi secara lembut.

 

Cara menyikat gigi yang benar.  (kesehatangigi.bs.com)
Cara menyikat gigi yang benar. (kesehatangigi.bs.com)

Ini petunjuknya.

  • Sikat gigi setidaknya dua menit, dua kali dalam sehari pada pagi dan malam hari, dengan menggunakan pasta gigi mengandung fluoride.
  • Sikat gigi kedua pada malam hari setelah usai makan.
  • Gunakan sikat gigi dengan kepala kecil dan bulu sikat sedang.
  • Gunakan pasta gigi fluoride, setidaknya seukuran biji kacang pada ujung sikat gigi.
  • Sikat sepanjang garis gusi dan gigi.
  • Sikat semua permukaan gigi pada bagian depan, bagian dalam dan pada permukaan gigi graham (pengunyah).

Bila Anda memiliki celah pada gigi Anda, maka sebaiknya menggunakan sikat gigi khusus, karena sikat gigi biasa tidak dapat memasuki celah gigi. Atau gunakan benang gigi.

Bila Anda tidak yakin dengan efektifitas penyikatan gigi, gunakan cermin kecil atau alat lain yang dapat melihat bagian mana yang belum kena sikat.

Ada pendapat baru yang menyatakan sikat gigi listrik kecil berkepala dapat membantu menghilangkan plag gigi, tetap harus digunakan dengan benar dan harus mendapat pengarahan dari dokter gigi.

Plak

Plak adalah semacam bakteri yang menutupi gigi atau permukaan gusi,biasa disebut karang gigi. Ini harus dibersihkan setiap hari, bila tidak dapat semakin menebal. Bakteri yang ada dalam mulut akibat makanan bergula yang kita makan, menyebabkan terjadi acid yang dapat menghancurkan gigi atau enamel gigi.

Rongga pada gigi terjadi akibat infeksi bakteria yang diciptakan asam (acid) dan ini juga menjadikan gigi berlobang.

Semakin sering kita makan atau minum mengandung gula, semakin banyak tercipta acid dan akan semakin banyak pula acid yang menyerang gigi yang menimbulkan risiko kerusakan gigi. (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru