Saturday, January 25, 2020
Home > Gaya Hidup & Kesehatan > Berapa Kali Sebaiknya Memandikan Bayi Dalam Seminggu?

Berapa Kali Sebaiknya Memandikan Bayi Dalam Seminggu?

Memandikan bayi tidak perlu setiap hari.

Merawat bayi biasanya dihubung-hubungkan dengan hal positif atau negatif. Seorang ibu harus siap secara mental dengan berbagai anjuran dari berbagai pihak, selain dari dokter, setelah si bayi hadir di muka bumi ini. 

Ketika pertama kali memandang si bayi, kemudian memegangnya, merasakan halus kulitnya, merupakan kebahagiaan tak terhingga bagi ibunya. Ibunya harus memelihara bayi, mengerti apa yang dibutuhkan bayi, faham cara memandikannya dan segala sesuatu hal rutin yang harus dikerjakannya setiap hari.

Dalam hal ini, tentu saja si ibu merasa kesulitan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan si bayi. Apakah ia ingin menetek? Apa yang sedang dirasakannya? Bagaimana cara membersihkannya? Ratusan pertanyaan dan kekhawatiran memenuhi benak si ibu. Higienis merupakan faktor penting agar si bayi sehat dan bebas dari infeksi.

Secara regular membersihkan bayi ternyata juga bisa krusial, demikian dilansir dari boldsky.com.

Apakah bayi yang bersentuhan  secara konstan dengan air akan dapat mempertahankan perkembangan sistem imunisasi si bayi?

Bila ibu mengkhawatirkan hal ini, bertanya atau membaca lah, untuk mencari tahu tip dalam memandikan bayi yang baru lahir.

Para ahli perkembangan bayi dan cara memandikan bayi baru lahir mengatakan, kendati  faktor higienis bagi bayi baru lahir amat diperlukan, tapi tidak perlu memandikan mereka setiap hari.

Kulit bayi baru lahir amat licin dan lembut, sehingga si ibu harus ekstra hati-hati memegangnya, agar tidak jatuh dan tidak luka saat memandikannya.

Juga, bila bayi dimandikan setiap hari, dapat menghilangkan kelembaban di kulit lembut, sehingga kulit menjadi kering dan seperti bersisik.

Jadi dinasihatkan agar memandikan bayi baru lahir hanya dua atau tidak kali dalam seminggu. Ini juga akan menghindari mereka dari rentan terhadap dingin dan flu.

Aric si bayi baru lahir di RS Bunda Jakarta, putra Reza dan Ami. (arl)
Aric si bayi baru lahir di RS Bunda Jakarta, putra Reza dan Ami. (arl)

Biasanya, dalam memandikan bayi baru lahir perlu latihan, karena si bayi harus dipegang dengan sangat hati-hati.

Si ibu harus memilih waktu untuk memandikan bayinya, jangan saat ia sedang dalam situasi tergopoh-gopoh, agar si bayi mendapat perlakukan yang benar dan sempurna.

Idealnya, bayi baru lahir dimandikan di bak mandi dangkal dan bersih, dengan air suam-suam kuku.

Ketika si bayi sedang tidak mandi, ibu membersihkan muka bayi, sela-sela kakinya, menggunakan tisu bayi.  Dapat juga digunakan bedak bayi, agar si bayi tetap bersih dan segar.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru