Wednesday, October 16, 2019
Home > Berita > Bencana Alam Pergeseran Tanah, Puluhan Rumah Rusak

Bencana Alam Pergeseran Tanah, Puluhan Rumah Rusak

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Lebak) – Puluhan rumah di Kampung Karang, Desa Gunung Sari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak rusak akibat terjadinya pergeseran tanah.

Meski tidak sampai menelan korban jiwa, namun kerugian materi akibat kejadian tersebut diperkirakan ratusan juta rupiah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten menyebut, bencana pergeseran tanah merupakan dampak gempa yang terjadi di Selat Sunda.

“Memang di situ potensi pergeserannya tinggi, karena kondisi tanahnya kebanyakan pasir juga. Selain itu, imbas seringnya gempa di Selat Sunda yang jelas ada pengaruh dari situ,” kata Kepala BPBD Banten Sumawijaya, Rabu (18/1).

Selain akibat pengaruh gempa, BPBD Banten juga melihat, kawasan tersebut tidak memiliki resapan air yang cukup baik. Lalu, kondisi tanah yang lempung pasir membuat kawasan tersebut rawan.

“Memang sistem resapannya juga kurang dan tanaman harus diperbanyak. Makanya kawasan tersebut memang rentan,” ungkapnya.

Sumawijaya pun menyampaikan, sudah mengirimkan personel bersama BPBD Lebak untuk mengevakuasi warga karena dikhawatirkan terjadi pergeseran tanah susulan.

“BPBD Lebak sedang mengevakuasi, BPBD Banten hari ini ke lokasi untuk melihat sejauh mana pergeserannya. Kalau parah, harus dievakuasi bersama-sama,” pungkasnya.

Kepala BPBD Lebak, Kaprawi mengatakan, berdasarkan hasil pendataan, dari 86 yang mengalami kerusakan tersebut, 18 rusak berat, 34 sedang dan 15 ringan. Menghindari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, rumah-rumah tersebut terpaksa dikosongkan.

Kaprawi menambahkan sudah mendirikan sejumlah posko darurat di lokasi kejadian, termasuk menyiagakan bantuan logistik yang diperlukan bagi korban yang tertimpa bencana.

Pihaknya dibantu tim relawan juga terus melakukan identifikasi serta pemantauan di daerah sekitar guna mengantisifasi terjadinya bencana susulan. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru