Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Belum Ada Perda, Pemberantasan Narkoba di Kabupaten Bekasi Tak Terarah

Belum Ada Perda, Pemberantasan Narkoba di Kabupaten Bekasi Tak Terarah

Jauhi narkoba

MIMBAR RAKYAT.COM (Bekasi) – Penyalahgunaan narkoba yang sudah merambah ke lapisan masyarakat dan mencapai titik nadir, membuat Pemkab Bekasi berencana membuat peraturan daerah (Perda) soal narkotika.

Selaian itu, belum adanya perda ini membuat BNN Kabupaten Bekasi belum dapat merehabilitasi pengguna narkoba.

Wakil Bupati Bekasi Rohim Mintareja mengatakan, meningkatnya peredaran dan penyalahgunaan narkoba, menyebabkan Indonesia berada dalam status darurat narkoba saat ini, termasuk di Kabupaten Bekasi.

“Sebab itu kita perlu buat peraturan daerah supaya pencegahan narkoba lebih terarah,” katanya, kemarin.

Rohim menjelaskan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 21 Tahun 2013 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, mengamanatkan Gubernur, Walikota atau Bupati melaksanakan tugas fasilitasi dengan menyusun Perda Narkotika.

ANTISIPASI
“Perda itu nantinya memuat hal-hal yang berkaitan dengan antisipasi dini, pencegahan, penanganan, rehabilitasi, pendanaan, serta partisipasi masyarakat,” terangnya.

Ketua BNK Kabupaten Bekasi ini menambahkan, belum adanya perda narkotika, membuat pihaknya belum dapat merehabilitasi pengguna narkoba dan hanya melakukan sosialisasi.

“Tapi kami sudah instruksikan kepada Bagian Kesejahteraan Masyarakat supaya dibuat kajian penyusunan Perda Pencegahan Narkotika ini,” ujarnya.

Dia berharap Perda ini dapat berlaku pada 2017 nanti. “Rancangan Peraturan Daerah bisa dibahas DPRD dalam program legislasi daerah di tahun 2017 dan dapat ditetapkan menjadi Perda,” tutupnya. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru