Monday, October 21, 2019
Home > Berita > Belasan Calon Penumpang Gunakan Tiket KA Palsu, Gagal Berangkat Mudik ke Jawa

Belasan Calon Penumpang Gunakan Tiket KA Palsu, Gagal Berangkat Mudik ke Jawa

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, petugas menemukan 12 tiket boarding pass palsu yang digunakan pemudik pada Jumat (23/6). Petugas menemukan tiket-tiket palsu tersebut saat melakukan proses boarding pada KA Kutojaya Utara dan KA Kutojaya Utara Premium Tambahan (relasi Pasar Senen – Kutoarjo).

“Ditemukan 9 calon penumpang KA Kutojaya Utara (KA 192) dan 3 calon penumpang KA Kutojaya Utara Premium Tambahan (KA 7038) yang kedapatan memiliki tiket boarding pass palsu,” ujar Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, Sabtu (24/6).

Suprapto menuturkan tiket yang mereka bawa tidak tercantum dalam sistem boarding milik PT KAI, ketika melakukan check-in di Stasiun Pasar Senen, tiket boarding tersebut tidak bisa terdeteksi. Ketika dimintai keterangan, calon penumpang tersebut menuturkan bahwa dia membeli tiket dari temannya.

“Perbedaan sangat terlihat dari jenis kertas, font ukuran tulisan, jam checkin yang tidak tercetak, nama kereta api yang tidak baku, kode booking yang seharusnya 6 digit tertulis 8 digit,” papar Suprapto kepada wartawan.

Karena tiket boarding terbukti palsu, ke 12 calon penumpang tersebut tidak dapat menggunakan kereta api sesuai ketentuan yang berlaku. Meski demikian, Suprapto mengatakan calon penumpang tersebut tidak diproses secara hukum. Pihaknya menilai calon penumpang tersebut dianggap sebagai korban penipuan.

“Mereka tidak bisa naik kereta. Kita masih menganggap mereka sebagai korban,” tandas Suprapto.

“Mengantisipasi kejadian yang serupa terulang kembali, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada calon penumpang agar membeli tiket tidak melalui perorangan atau calo, karena menurutnya hal ini rentan dengan terjadinya praktik penipuan. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru