Tuesday, November 19, 2019
Home > Olahraga > Sepakbola Dunia > Belanda Libas Latvia 6-0

Belanda Libas Latvia 6-0

MIMBAR-RAKYAT.com (Amsterdam) – Belanda menorehkan kemenangan penting 6-0 atas tamunya Latvia,  Minggu (Senin WIB) pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa Grup A, sehingga mengurangi tekanan terhadap pelatih Guus Hiddink.

Arjen Robben dan Klaas-Jan Huntelaar keduanya mencetak dua gol, sedangkan dua gol sisanya disumbangkan Robin van Persie dan Jeffrey Bruma.

Sejauh ini, masa jabatan kedua Hidink sebagai pelatih tim “Oranje” tidak berjalan sesuai rencana dengan catatan empat kekalahan dari lima pertandingan terakhirnya, dan pada pekan lalu pria 68 tahun itu mengatakan dirinya akan mengundurkandiri jika timnya gagal mengalahkan Latvia.

Dengan pekerjaan Hidink sebagai pertaruhan, semifinalis Piala Dunia itu mendominasi permainan sejak pertandingan dimulai.

Belanda sekarang menduduki peringkat ketiga dengan enam angka dari empat pertandingan, tertinggal tiga angka dari Islandia dan Republik Ceko, yang akan bertemu pada Minggu malam. Latvia baru mampu mengumpulkan dua angka.

Tuan rumah menghidupkan pertandingan pada menit keenam, ketika kapten Van Persie menanduk bola umpan silang Robben setelah pencetak gol terbanyak Belanda sepanjang masa itu mendapat ruang untuk menyarangkan gol ke-49nya dari 96 pertandingan sebagai pemain inti.

Robben kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-35, melalui sepakan kaki kiri indah setelah ia melakukan pergerakan memotongnya dari sisi kanan.

Huntelaar menambahi gol ketiga tujuh menit kemudian, ketika ia bergerak menyambar umpan silang mendatar dari Ibrahim Affelay, mencetak gol internasional ke-37nya dan bergabung dengan Dennis Bergkamp di peringkat ketiga pencetak gol terbanyak Belanda sepanjang masa.

Bruma mencetak gol keempat dengan meneruskan bola tendangan sudut yang jatuh ke penguasaannya pada menit ke-77, sebelum Robben dan Huntelaar menutup kemenangan ini dengan mencetak gol-gol keduanya.

Ini merupakan kekalahan tandang secara beruntun ke-17 bagi Latvia, yang belum pernah memenangi    pertandingan di markas tim lawan sejak September 2011, ketika mereka menang 1-0 atas Georgia.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru