Wednesday, June 20, 2018
Home > Berita > Bawaslu nyatakan PBB jadi peserta pemilu 2019

Bawaslu nyatakan PBB jadi peserta pemilu 2019

PBB lolos jadi peserta Pemilu 2019. (mediajabar)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyatakan Partai Bulan Bintang (PBB) lolos sebagai peserta Pemilihan Umum 2019.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses Pemilu yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu, Abhan di Jakarta, Minggu malam.

“Bawaslu memutuskan menolak eksepsi termohon dan mengabulkan seluruhnya gugatan pemohon,” ujar Abhan saat membacakan keputusan Bawaslu.

Hasil sidang tersebut juga membatalkan keputusan KPU tertanggal 17 Februari   2018, yang menyatakan PBB tidak lolos verifikasi nasional calon peserta Pemilu.

Bawaslu juga memerintahkan KPU untuk melaksanakan keputusan Bawaslu maksimal tiga hari sejak dibacakan.

Sebelumnya, seperti dilansir antaranews, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Partai Bulan Bintang (PBB) tidak lolos verifikasi nasional parpol calon peserta Pemilu 2019.

PBB dinyatakan memenuhi syarat verifikasi kepengurusan parpol di tingkat pusat dan provinsi. Namun, tidak untuk kepengurusan dan keanggotaan di tingkat kabupaten/kota khususnya di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, tidak memenuhi syarat kepengurusan dan keanggotaan sekurang-kurangnya 75 persen.

Akibat keputusan KPU itu, PBB dinyatakan tidak bisa mengikuti Pemilu Legislatif tingkat Dewan Perwakilan Rakyat,  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tingkat I dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tingkat II.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan akan mempelajari keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang mengabulkan gugatan Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai peserta Pemilu 2019.

“KPU akan mengkaji terlebih dahulu. Kami akan pelajari hasil keputusan ini,” ujar Komisioner KPU Hasyim Asyari, usai sidang di Jakarta, Minggu malam.  (An/Kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru