Saturday, January 19, 2019
Home > Berita > Bambang Widjojanto Dicoret KPU Sebagai Panelis Debat Capres

Bambang Widjojanto Dicoret KPU Sebagai Panelis Debat Capres

Bambang Widjojanto. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Ditolak berbagai pihak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya mencoret nama Bambang Widjojanto sebagai panelis debat pertama capres-cawapres pada Pemilu 2019.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, selain nama mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, juga dicoret Koordinator Lembaga Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo dari daftar panelis.

Pecoroten sudah disepakati kubu Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi.

Bambang Widjajanto banyak menuai kritik karena takut tidak netrak sebagai panelis mengingat yang bersangkutan adalah tim sukses Anies-Sandi ketika ada Pilkada DKI tahun lalu. Bahkan sekarang Bambang menjadi staf ahli Anies Baswedan

Wahyu mengatakan, pengurangan panelis dalam debat ini merupakan hasil kesepakatan masing-masing timses. Wahyu tidak menyebut alasan pencoretan Bambang karena banyak penolakan.

“Masing-masing itu, diusulkan oleh Paslon 01 dan 02. Lah paslon 01 dan 02 pada rapat tadi memutuskan untuk mengurangi satu panelis usulan mereka sendiri, nah yang dikurangi adalah pak Bambang Widjojanto dan Adnan Topan Husodo, begitu,” tuturnya, Sabtu (5/1).

Wahyu mengatakan hanya dua nama yang batal manjadi panelis. Sedangkan lima nama lainnya tetap menjadi panelis dalam debat pilpres 2019.

Kelima panelis itu yakni pakar hukum internasional, Hikmahanto Juwana; mantan Ketua Mahkamah Agung, Bagir Manan; Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik; pengajar hukum tata negara dan hukum administrasi negara, Bivitri Susanti, serta ahli hukum tata negara, Margarito Kamis.

“Semuanya masih tapi hanya dikurangi dua orang itu saja,” ujar Wahyu.

Sebelumnya, KPU telah menentukan 7 dari 8 nama panelis dalam debat pertama yang akan digelar 17 Januari 2019. Di antaranya terdapat nama eks Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto dan Koordinator ICW Adnan Topan Husodo. (p/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru