Tuesday, August 04, 2020
Home > Berita > ‘Badai’ Virus Corona di Afrika Selatan, 565.000 Telah Meninggal di Dunia

‘Badai’ Virus Corona di Afrika Selatan, 565.000 Telah Meninggal di Dunia

Pelayat, banyak yang memakai topeng, berkumpul di luar Balai Kota Seoul pada hari Sabtu untuk menyampaikan rasa berkabung bagi almarhum Walikota Seoul Park Won, di tengah penyebaran virus corona di kota itu. (Foto AP/ Al Jazeera)

Pelayat, banyak yang memakai topeng, berkumpul di luar Balai Kota Seoul pada hari Sabtu untuk menyampaikan rasa berkabung bagi almarhum Walikota Seoul Park Won, di tengah penyebaran virus corona di kota itu. (Foto AP/ Al Jazeera)

Di Festival Film Taipei 2020  para aktor berbaris untuk pemotretan tanpa jarak sosial pada Sabtu malam, dan para peserta tidak mengenakan masker.

 

mimbar-rakyat.com – Afrika Selatan telah melaporkan 13.497 kasus virus corona baru, mencapai total 264.184 termasuk 3.971 kematian. Menteri Kesehatan Afsel, Zweli Mkhize, memperingatkan adanya “badai” COVID-19 di negara itu.

Brasil, hotspot coronavirus nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat, telah mencatat 1.071 kematian baru dari wabah tersebut, mendorong jumlah kematiannya menjadi 81.469, dengan total 1.839.850 kasus yang dikonfirmasi. Demiian dilaprkan dua reporter Al Jazeera, Ted Regencia dan Ramy Allahoum, seperti dikutip mimbar-rakyat.com.

Presiden AS Donald Trump, yang telah menghindari mengenakan masker di muka umum bahkan ketika pandemi coronavirus menyebar, mengenakannya pada hari Sabtu di fasilitas medis militer di luar Washington DC, di mana ia mengunjungi tentara yang terluka dan petugas kesehatan garis depan.

Lebih dari 12,7 juta orang di seluruh dunia telah didiagnosis menderita COVID-19 dan lebih dari 565.000 telah meninggal. Demikian menurut penghitungan oleh Universitas Johns Hopkins. Lebih dari tujuh juta pasien telah pulih.

Sementra Kementerian Kesehatan Meksiko telah melaporkan 6.094 infeksi coronavirus baru yang dikonfirmasi dan 539 kematian tambahan, menjadikan total di negara ini menjadi 295.268 kasus dan 34.730 kematian.

Pemerintah mengatakan jumlah sebenarnya orang yang terinfeksi kemungkinan jauh lebih tinggi daripada kasus yang dikonfirmasi.

Peneliti Thailand berencana untuk memulai uji coba manusia terhadap vaksin potensial untuk virus corona baru pada bulan November dan sedang mempersiapkan 10.000 dosis, kata seorang pejabat senior, yang bertujuan untuk vaksin yang dapat siap digunakan pada akhir tahun depan.

Mengikuti hasil dalam uji coba pada primata, langkah selanjutnya adalah membuat dosis untuk uji coba manusia, kata Kiat Ruxrungtham, direktur program pengembangan vaksin Universitas Chulalongkorn di Bangkok.

Istri seorang sopir bus Prancis yang meninggal karena luka-luka dipukul setelah dia meminta empat penumpang untuk mengenakan masker wajah ingin “hukuman teladan.” Empat orang ditahan atas serangan Philippe Monguillot pada 5 Juli di sebuah halte bus di Bayonne, Prancis barat daya.

Jaksa Bayonne mengatakan Monguillot diserang setelah dia meminta empat penumpang di busnya untuk memakai masker, yang diperlukan di atas angkutan umum Prancis karena virus corona. Dia dihina, didorong keluar dari bus dan dipukuli dengan kejam dan ditendang di kepala, kata jaksa penuntut.

Presiden Emmanuel Macron pada hari Sabtu mengutus menteri dalam negeri untuk menemui janda pengemudi setelah kematiannya diumumkan Jumat. Dia dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis.

Otoritas kesehatan China pada hari Minggu melaporkan tujuh kasus virus corona baru yang mereka katakan berasal dari luar negeri dan mengatakan tidak ada infeksi domestik tambahan, kantor berita AP melaporkan.

Festival Film Taipei 2020 adalah festival film berskala besar pertama di dunia yang diadakan oleh sebuah entitas setelah pecahnya pandemi COVID-19.  Taiwan telah menyelesaikan festival film tahunan dengan upacara penghargaan karena negara itu menggelar lebih banyak acara publik setelah menjadikan wabah virus korona menjadi beberapa ratus kasus. Demikian kantor berita Associated Press melaporkan pada hari Minggu.

Di Festival Film Taipei 2020  para aktor berbaris untuk pemotretan tanpa jarak sosial pada Sabtu malam, dan para peserta tidak mengenakan masker di Aula Zhongshan di ibukota pulau yang memerintah sendiri di lepas pantai timur China tersebut.

Pejabat pemerintah mengatakan ada 451 kasus virus corona yang dikonfirmasi dan tujuh kematian di pulau itu, yang memiliki populasi sekitar 23 juta.

Juga pada hari Sabtu, pertandingan bisbol di kota Taichung menarik lebih dari 10.000 penggemar untuk pertama kalinya musim ini. Otoritas kesehatan telah secara bertahap memungkinkan kerumunan yang lebih besar sejak musim baseball dimulai pada bulan April tanpa penggemar.

Negara bagian Victoria di Australia melaporkan 273 kasus baru virus corona dan kematian lainnya pada hari Minggu, menandai satu minggu peningkatan infeksi tiga digit ketika pihak berwenang negara memerangi wabah baru pandemi, kantor berita Reuters melaporkan.

Melbourne, ibu kota negara bagian terpadat kedua di Australia, dikurung dalam enam minggu pada hari Kamis setelah lonjakan kasus yang ditularkan masyarakat. “Ini adalah waktu yang berbahaya,” Perdana Menteri Victoria Daniel Andrews mengatakan pada konferensi pers.

Jumlah kasus koronavirus yang dikonfirmasi di Jerman meningkat 248 menjadi 198.804, Reuters melaporkan pada hari Minggu mengutip data dari Robert Koch Institute (RKI) untuk penyakit menular. Jumlah korban COVID-19 yang dilaporkan naik tiga menjadi 9.063, menurut perhitungan.

Jumlah warga New York yang dirawat di rumah sakit karena infeksi coronavirus telah jatuh ke titik terendah dalam hampir empat bulan. Pejabat negara melaporkan 799 COVID-19 dirawat di rumah sakit pada hari Sabtu, yang merupakan terendah sejak 18 Maret.

Namun, Gubernur New York Andrew Cuomo khawatir kebangkitan dalam kasus tidak terhindarkan di tengah wabah di negara-negara lain.

Sebelumnya, Cuomo mengatakan kepada radio WAMC bahwa peraturan karantina negara bagian bagi para pelancong yang kembali dari daerah-daerah yang terkena dampak sulit ditegakkan. Dia mengatakan satu-satunya pertanyaan adalah seberapa tinggi tingkat New York akan naik.

Kasus infeksi baru Korea Selatan bangkit kembali pada hari Minggu ketika infeksi cluster di wilayah Seoul yang lebih besar dan kota Gwangju di barat daya terus meningkat di tengah peningkatan yang berkelanjutan dalam kasus impor. Demikian menurut kantor berita Yonhap.***sumber Al Jazeera dan kantor berita, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru