Wednesday, November 13, 2019
Home > Berita > Astra Miliki 49 Kampung Berseri Astra di 17 Provinsi

Astra Miliki 49 Kampung Berseri Astra di 17 Provinsi

Penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards 2016 Zainul Arifin (kedua kiri), penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2015 Trisno (kiri), Co-founder Indonesia Berkebun & Ayah ASI Shafiq Pontoh (kanan) dan Puteri Indonesia Lingkungan 2015 Chintya Febyola (kedua kanan) berbincang usai kegiatan Festival Kampung Berseri Astra pada acara Inspirasi 60 Tahun Astra, Jakarta (26/2). (ist)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Grup Astra saat ini memiliki 49 Kampung Berseri Astra (KBA) yang tersebar di 17 provinsi di Indonesia dan diharapkan pada akhir 2018 dapat bertambah menjadi 34 provinsi.

Hal itu terungkap dalam Festival KBA di Jakarta Convention Center (JCC) sebagai rangkaian peringatan HUT ke-60 Astra,  akhir minggu ini.

Dalam Festival KBA tersebut, tiga nara sumber yakni Zainul Arifin (penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia 2016), Trisno (penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia 2015) dan Shafiq Pontoh (Co-founder Indonesia Berkebun dan Ayah ASI) berbagi inspirasi kepada sekitar 300 komunitas lingkungan yang memadati Cendrawasih Hall JCC.

KBA merupakan program kontribusi sosial Astra untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi empat pilar program CSR yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Program pembinaan dan pemberdayaan yang diterapkan melalui KBA ini diharapkan dapat berdampak positif kepada masyarakat, sehingga secara kolektif masyarakat dapat mengambil tindakan inisiatif perubahan untuk mengubah kualitas kehidupan masyarakat baik dari segi pendidikan, kesehatan, lingkungan dan peningkatan standar kesejahteraan.

Melalui program KBA ini, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.

Dalam penerapan KBA, terdapat tingkatan pencapaian status yang berhasil diterapkan dalam suatu wilayah. Tingkatan pencapaian status tersebut akan dievaluasi setiap tahun dan pencapaian terbaik akan diberikan apresiasi.

Agar dapat menjangkau wilayah lebih luas, Astra melaksanakan beberapa strategi, salah satunya sayembara dalam pemilihan calon KBA, yang meliputi provinsi Sumatera Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Lampung, Nanggroe Aceh Darussalam, Jambi, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, dan Papua Barat.

Pada tahap bintang lima – kencana, masyarakat diharapkan sudah mandiri dalam meningkatkan kualitas kehidupan dengan melaksanakan kegiatan pengembangan di bidang pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan Kesehatan.

Kampung diharapkan sudah menjadi ikon kota/pusat edukasi & wisata terkait dengan keberhasilannya dan prestasi dari berbagai pilar yang telah dibina tersebut.

Sinergi pemerintah dan Astra dalam hal ini harus tetap dan terus menjaga komunikasi yang baik kepada masyarakat sehingga dampak dari keberhasilan yang telah dicapai dapat meluas.    (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru