Tuesday, November 19, 2019
Home > Berita > Astra Green Run Sumbang 7000 Pohon dan Hadiah Rp280 Juta

Astra Green Run Sumbang 7000 Pohon dan Hadiah Rp280 Juta

Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman (kiri berbaju putih) melepas pelari anak-anak yang mengikuti Fun Run berjarak 100 meter dan 400 meter dalam Astra Green Run (AGR) Jakarta 2016 (16/10).

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Lomba lari Astra Green Run Jakarta 2016 yang sekaligus mengedepankan gerakan ramah lingkungan menghasilkan komitmen lebih dari 7.000 pohon pohon yang akan disumbangkan Astra International kepada Astra Forest yang baru di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Keseluruhan pohon tersebut berasal dari kontribusi 2.500 pelari dewasa kategori 5K dan 15K, serta 150 pelari anak-anak yang mengikuti Fun Run berjarak 100 meter dan 400 meter dalam Astra Green Run Jakarta 2016 di Ocean Eco Park, Ancol, pada hari ini (16/10). Selain itu, donasi pohon juga berasal dari aksi lingkungan tamu undangan dan pengunjung yang hadir.

“Pohon-pohon yang didonasikan oleh para pelari ini ditujukan untuk mengembalikan lahan yang sudah rusak ke fungsi asalnya. Karena masalah lingkungan adalah masalah kita bersama, jadi kita harus berbuat sesuatu, tidak perlu menunggu pemerintah untuk melakukan semua,” terang Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah.

Secara total, seperti diungkapkan Kepala Divisi Humas Astra International Tbk, Yulian Warman, melalui ajang AGR 2016 di Bali dan Jakarta, sebanyak lebih dari 7.000 pohon akan didonasikan dan ditanam oleh Astra. Donasi 1.000 pohon telah dilakukan untuk Taman Lembu Putih, Gianyar, Bali pada 2 Oktober.

Pada tahun 2014 dan 2015, Astra telah menanam 43.925 pohon dari AGR di Hutan Haroto Pusako seluas 200 hektar di Desa Babakan Madang, Sentul, Bogor Jawa Barat.

Selain itu, melalui AGR Jakarta 2016 terkumpul 32.310 botol plastik seberat 359 kg, yang dikumpulkan dari para pelari, yang akan disumbangkan untuk bank sampah binaan Astra.

Dirjen Pengendalian Pencemaran & Kerusakan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan RI Karliansyah (kedua kanan) bersama Sekda DKI Jakarta Saefullah (tengah), Walikota Jakarta Utara Wahyu Haryadi (kedua kiri) dan Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kiri) menyimak penjelasan mengenai teknik bercocok tanam hidroponik pada acara Astra Green Run (AGR) Jakarta 2016 (16/10).  (ist)
Dirjen Pengendalian Pencemaran & Kerusakan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan RI Karliansyah (kedua kanan) bersama Sekda DKI Jakarta Saefullah (tengah), Walikota Jakarta Utara Wahyu Haryadi (kedua kiri) dan Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kiri) menyimak penjelasan mengenai teknik bercocok tanam hidroponik pada acara Astra Green Run (AGR) Jakarta 2016 (16/10). (ist)

Total hadiah dalam AGR Jakarta 2016 adalah lebih dari Rp 170 juta, yang terdiri dari uang tunai dan door prize menarik. Dari total 2.650 pelari yang terdaftar dalam AGR Jakarta 2016, Sedangkan di AGR Bali total hadiah lebih dari Rp 100 juta, sehingga total hadiah senilai Rp 280 juta.

Rini Budiarti, 33 tahun, pemenang pertama kategori 15K wanita mengatakan, “Saya baru pertama kali ikut AGR. Senang banget. Rutenya sejuk, banyak pohon dan aman sekali karena marshall-nya banyak. Saya gak berharap menang, karena biasanya saya lari dengan kategori jarak menengah. Jadi bersyukur sekali bisa menang dengan catatan waktu kurang dari satu jam.”

Sementara itu, Razan Alviero, 8 tahun, pemenang kedua kategori Fun Run anak-anak mengaku bahwa lomba lari berjarak 400 meter yang diikutinya sangat seru. “Sudah biasa lari, karena rutin main sepak bola. Mau ikut lagi kalau ada lomba lari seperti ini.”

Seluruh pelari yang mengikuti Astra Green Run 2016 mendapat perlindungan asuransi jiwa dan kecelakaan diri dari Astra Life selaku official partner life insurance yang disesuaikan untuk kebutuhan pelari, termasuk perlindungan ketika membutuhkan pelayanan medis akibat cidera otot, dehidrasi maupun heat stroke, sehingga seluruh peserta bisa merasa aman terlindungi saat mengikuti kegiatan dan menikmati kompetisi lari ini dengan maksimal.   (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru