Sunday, September 23, 2018
Home > Berita > Astra dan UGM Dukung Akademi Kewirausahaan Masyarakat

Astra dan UGM Dukung Akademi Kewirausahaan Masyarakat

Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri) berbincang bersama Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. (kedua kanan), Dekan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si (kedua kiri) dan Perintis Sociopreneurship Desa Nglanggeran sekaligus Mentor Akademi Kewirausahaan Masyarakat Sugeng Handoko (kanan) seusai diluncurkannya program Akademi Kewirausahaan Masyarakat, Yogyakarta (9/7).

MIMBAR-RAKYAT.com (Yogyakarta) – PT Astra International Tbk mendukung kegiatan Akademi Kewirausahaan Masyarakat (AKM) yang dijalankan oleh Creative Hub Fisipol Universitas Gadjah Mada, karena hal ini sejalan dengan cita-cita Astra Sejahtera Bersama Bangsa.

Program AKM yang menitikberatkan pada pengembangan desa juga sejalan dengan program Kampung Berseri Astra (KBA) yang selama ini sudah dijalankan sejak tahun 2013.

KBA ini dikembangkan dengan melihat potensi dari masyarakat serta pemberdayaan apa yang cocok dengan budaya setempat tanpa menghilangkan kearifan local, demikian siaran pers dari Korporat Komunikasi Astra, Ilham.

Astra memiliki empat pilar dalam kegiatan kontribusi sosialnya, yakni kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan lingkungan.

Sampai saat ini, Astra telah mengembangkan 73 KBA di 34 provinsi di seluruh Indonesia dan nantinya menuju 300 Desa Sejahtera di 100 Kabupaten di Indonesia.

Selain itu, Grup Astra memiliki 9 yayasan dan salah satunya adalah Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang fokus di bidang kewirausahaan dengan membina UMKM. Hingga Desember 2017, YDBA telah membina 10.374 UMKM.

Untuk pemuda putus sekolah, YDBA telah melatih 716 pemuda putus sekolah menjadi mekanik. YDBA secara tidak langsung juga telah menciptakan 65.855 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya.

Pada prinsipnya, di mana pun Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.   (sp/Kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru