Sunday, August 09, 2020
Home > Berita > Astra Buka Kampung Berseri ke-65 di Aceh

Astra Buka Kampung Berseri ke-65 di Aceh

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman (ketiga kiri) didampingi Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kedua kiri) dan Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Alfiansyah Yulianur (kiri) melepas 50.000 bibit udang windu dalam rangka kick-off Kampung Berseri Astra di Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh (20/9). KBA ini merupakan yang pertama di Provinsi Aceh dan ke-65 secara nasional. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.com (Banda Aceh) – PT Astra International Tbk melaksanakan kick-off Kampung Berseri Astra (KBA) ke-65 yang berlokasi di Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

Hingga pengadaan KBA ke-65 Kamis, secara keseluruhan, KBA telah tersebar di 28 provinsi di Indonesia.

Acara kick-off KBA tersebut dihadiri oleh Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Hafni, Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah, Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Aceh Iwan Yanuarsi serta perwakilan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Walikota Banda Aceh Aminullah mengatakan kegiatan kick-off KBA ini merupakan kesempatan yang istimewa.

“Budaya tani tiram di sini sudah ratusan tahun berlangsung, tetapi tekniknya masih tradisional. Membuat para petani tiram harus berendam di air selama berjam-jam. Semoga dengan kerjasama Astra dan Universitas Syiah Kuala ini, para petani tiram dilatih dan dikembangkan teknik maupun nonteknik supaya hasil pembudidayaan tiram lebih mudah dan naik kualitasnya,” ujar Walikota Aminullah.

Rencana pengembangan KBA Gampong Alue Naga difokuskan pada empat pilar corporate social responsibility (CSR) Astra.

Pada pilar kesehatan akan dilakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pengembangan kader Posyandu.

Di pilar pendidikan akan dilakukan pengembangan serta standarisasi pendidikan anak usia dini (PAUD). Pada pilar lingkungan akan dilakukan penghijauan desa, pelatihan kader lingkungan, pembuatan tambak tiram dan udang terintegrasi ramah lingkungan, serta pembuatan rumah tiram.

Tidak lupa pada bidang pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan digelar sosialisasi pembentukan kelompok usaha rakyat, pelatihan aneka olahan tiram dan ikan serta pembinaan koperasi rakyat.

Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Hal ini sejalan dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.  (sp/kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru