Tuesday, December 10, 2019
Home > Olahraga > Asamoah Amankan Juventus Atas Fiorentina

Asamoah Amankan Juventus Atas Fiorentina

MIMBAR-RAKYAT.com (Milan) – Gol di babak pertama yang dibukukan pemain sayap Juventus Kwadwo Asamoah mengamankan kemenangan 1-0 timnya atas Fiorentina dan memperbesar keunggulan sang juara bertahan atas pesaing terdekatnya AS Roma menjadi 14 angka pada laga Minggu.

Tim peringkat kedua Roma, yang memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan, akan melawat ke markas Napoli pada Minggu malam sambil bertekad mengurangi selisih jarak dan memperbesar keunggulan enam angka mereka atas pasukan Rafael Benitez.

Namun pada penampilan ini, Roma akan berharap bahwa Juventus – yang menghadapi Fiorentina dalam pertandingan kandang dan tandang di Liga Europa pada 11 hari mendatang – tergelincir saat sedang menjalani laju untuk meraih gelar scudetto ketiga secara beruntun.

Pemain Prancis Paul Pogba mengatakan kemenangan kandang ke-14 Juve musim ini telah mengirimkan pesan kepada para pesaing mereka.

“Ini merupakan pertandingan penting bagi kami dan bahkan kemenangan yang lebih penting lagi dalam pengertian gelar liga,” kata Pogba kepada Sky Sport.

Pelatih Juve Antonio Conte memuji penampilan timnya namun mengakui bahwa dirinya menarik nafas lega ketika tandukan Ryder Matos membentur mistar gawang Gianluigi Buffon pada menit-menit terakhir.

“Kami bermain benar-benar baik pada babak pertama dan pada babak kedua sejumlah hal sedikit melambat, juga karena para pemain kelelahan dari pertandingan-pertandingan internasional di tengah pekan,” kata Conte.

“Kami menghadiahi Fiorentina kesempatan untuk menyamakan kedudukan namun untunglah kami mampu bertahan dan keluar dari situasi itu dengan sangat baik.” 

Fiorentina memberikan Juve satu-satunya kekalahan mereka di musim ini, kemenangan 4-2 di Florence  pada Oktober silam, namun hanya terdapat satu kemenangan dari 21 lawatan terakhir mereka ke Turin.

Pelatih Vincenzo Montella mengakui Juventus telah mengatur agenda dengan baik, dan timnya gagal beradaptasi.

“Ketika Anda bermain melawan Juventus, banyak hal bergantung pada bagaimana mereka mengaturnya,” ucapnya pada Sky Sport.

“Kami lebih baik pada babak kedua ketika kami bermain lebih tinggi di lapangan, namun ini bukanlah  permainan yang kami kendalikan,” katanya. 

Claudio Marchisio mengisi peran Andrea Pirlo sebagai gelandang gantung saat pemain veteran Italia itu menjalani skors satu pertandingan, sedangkan Carlos Tevez dan Fernando Llorente, yang total keduanya telah mencetak 26 gol liga, memimpin serangan tim Putih-Hitam.

Juve mengawali pertandingan dengan niat menyerang, Tevez dan Stephan Lichsteiner mengancam dengan peluang-peluang di awal permainan sedangkan bek Andrea Barzagli tampil baik untuk menghalau upaya Alberto Aquilani bagi tim tamu.

Asamoah melepaskan tembakan peringatan pertama sebelum menit ke-30 di mana bola sempat berubah arah yang memaksa Neto melakukan penyelamatan, sedangkan dari tendangan sudut yang dihasilkannya upaya pemain Ghana itu dari sudut sempit masih melebar.

Beberapa saat sebelum turun minum, Asamoah memecah kebuntuan ketika ia bergerak memotong dari kiri dan memperlihatkan kemampuan bagus dengan kaki kirinya sebelum melepaskan tembakan kaki kanan ke tiang jauh kiper Neto.

“Pelatih selalu berkata kepada saya bahwa saya sebaiknya memotong dari kiri dan mencoba menembak dengan kaki kanan saya. Saya sebelumnya tidak pernah mencetak gol dengan kaki kanan, tidak pernah sebagus yang satu itu,” kata Asamoah.

Fiorentina nyaris menyamakan kedudukan saat pertandingan tinggal menyisakan 10 menit ketika Matos menuntaskan pergerakan bagus dengan tandukan jarak dekat yang menghantam mistar gawang Buffon.

Di tempat lain, persaingan untuk perebutan dua spot Liga Europa memanas, di mana sekarang tujuh angka memisahkan tim peringkat keempat Fiorentina dari Lazio, yang menduduki peringkat kedelapan.

Inter tetap berada di peringkat kelima namun kemenangan kandang 1-0 atas Torino berkat tandukan Rodrigo Palacio di menit ke-30 memangkas selisih dengan Fiorentina menjadi hanya satu angka.

Kemenangan 2-0 Parma atas Verona membuat mereka menghuni peringkat keenam namun mereka tetap terpaut satu angka dari Inter dengan satu pertandingn yang belum dimainkan, sedangkan Verona tertinggal tiga angka.

Upaya Lazio untuk meraih tempat di zona Eropa terhantam oleh kekalahan 0-1 dari Atalanta pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Olimpico yang kosong.

Maxi Morales mencetak gol untuk Atalanta pada menit ke-60, namun Lazio harus bermain dengan sepuluh pemain ketika empat menit kemudian ia menerima kartu kuning kedua, karena dianggap berpura-pura jatuh di kotak penalti.

Sementara itu, Sampdoria bangkit dari dua gol Ibrahima Mbaye di babak pertama bagi Livorno untuk mengejutkan tamunya 4-2 yang membuat tim asal Genoa itu naik ke peringkat ke-12.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru