Monday, December 16, 2019
Home > Berita > Arpac Baru Seumur Jagung Sudah Miliki 3000 Anggota

Arpac Baru Seumur Jagung Sudah Miliki 3000 Anggota

Para pengurus Anak Rantau pacitan (Arpac) berfoto bersama.

MIMBAR-RAKYAT.com (Pacitan) – Komunitas yang menyebut diri Arpac (Anak Rantau Pacitan) dan baru berusia seumur jagung, kini sudah tersebar di berbagai daerah dan sudah memiliki 3000 anggota.

“Saat ini Arpac mempunyai 20 DPW, di antaranya berada di wilayah  Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Surabaya, Dumai, Pekanbaru. Di sosial media khususnya FB bahkan sudah mencapai 11.000 anggota sedangkan yang aktif sekitar 3000 anggota,” kata Sekretaris Arpac, Agung Wahono, ketika dihubungi MR.com, Kamis.

Organisasi ini, katanya, berdiri dengan latar  belakang kesamaan asal daerah Pacitan yang pada saat ini berada di perantauan.

“Ide ini awalnya terbentuk dari forum jejaring sosial Facebook pada 2012.  Arpac Nusantara mengusung visi dan misi yang bertujuan untuk mempererat jalinan persaudaraan, bersosial, dan bermasyarakat dengan mengajak seluruh komponen dan dari latar belakang apa pun,” katanya.

Kegiatan sosial Arpac belum lama ini.
Kegiatan sosial Arpac belum lama ini.

“Ikatan ini mengusung semboyan “nyambung jiwo ngeraketake paseduluran”, berarti menyambungkan jiwa dari tiap individu dan mempererat jalinan persaudaraan,” katanya.

Agung menambahkan, sudah banyak kegiatan positif yang  dilakukan Arpac, antara lain melakukan donor darah, membantu warga Pacitan yang kurang mampu, membantu pembangunan mushola, dan lainnya.

Kegiatan bakti sosial biasanya dilaksanakan dua bulan sekali dan di bagi menjadi lima titik lokasi yang berbeda, jelasnya.

“Semua pembiayaan kegiatan tersebut berasal dari iuran sukarela anggota,” katanya.

Agung juga menambahkan, seusai Lebaran, organisasi komunitas yang diketua Wawan Suranto ini akan mengadakan acara halal bi halal di alun-alun kota Pacitan, tepatnya Jumat 8 Juli 2016. Disinilah warga Arpac se-nusantara berkumpul berbaur jadi satu. (AL/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru