Tuesday, September 17, 2019
Home > Berita > Arab Saudi dan Sejumlah Negara di Afrika Rayakan Idul Fitri Hari Ini 4 Juni

Arab Saudi dan Sejumlah Negara di Afrika Rayakan Idul Fitri Hari Ini 4 Juni

Salat Idul Fitri di Arab Saudi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Arab) – Usai melaksanakan puasa Ramadhan selama 30 hari, umat Muslim di seluruh dunia merayakan hari kemenangan Idul Fitri. Meski Indonesia mengumumkan Idul Fitri jatuh pada Rabu (5/6), namun ada sejumlah negara yang telah merayakannya pada Selasa (4/6).

Salah satunya adalah Arab Saudi. Dilansir Al-Jazeera, Selasa (4/6), Mahkamah Agung Saudi mengumumkan perayaan Idul Fitri jatuh pada 4 Juni setelah mendapatkan laporan bahwa hilal (bulan) sudah terlihat di suatu daerah.

Negara-negara Uni Emirat Arab juga merayakan Idul Fitri di hari yang sama. Pakistan, India, Qatar, Kuwait, Oman, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya semuanya telah mengumumkan perayaan Idul Fitri pada hari Selasa. Namun hanya Mesir yang memutuskan untuk merayakan Idul Fitri pada Rabu, 5 Juni.

Sejumlah pemimpin negara juga telah menyampaikan ucapan perayaan Idul Fitri.

Sementara di kawasan Afrika, Mali menjadi negara pertama yang merayakan Idul Fitri pada 4 Juni, setelah bulan terlihat di suatu tempat di negara tersebut. Pemerintah Mali kemudian menyatakan 4 Juni sebagai hari libur nasional.

Saat matahari terbenam, negara-negara Afrika lainnya juga mengumumkan 4 Juni sebagai Hari Raya Idul Fitri. Beberapa diantaranya adalah Uganda, Ethiopia, Somalia, Rwanda, Sierra Leone, Republik Kongo, Mesir, dan negara-negara Afrika lainnya yang secara tradisional bergantung pada pengumuman pemerintah Arab Saudi. (K/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru