Saturday, November 23, 2019
Home > Gaya Hidup & Kesehatan > Apa Sebenarnya Arti DNA?

Apa Sebenarnya Arti DNA?

Struktur DNA

Struktur DNA (anarokhmav.bs.com)

Tes DNA selalu disebut-sebut dalam berita media cetak, elektronik dan online, menyangkut banyak hal dan orang pasti mengetahui DNA merupakan cara paling akurat untuk mengetahui jati diri dan identitas seseorang.

Tapi apa sebenarnya arti DNA, tidak semua orang tahu.

DNA merupakan kependekan dari deoxyribonucleic acid atau dalam Bahasa Indonesia sering juga disebut ADN – merupakan kependekan dari asam deoksiribonukleat.

DNA atau ADN ini merupakan materi genetik yang terdapat dalam tubuh setiap orang yang diwarisi dari orang tua. DNA terdapat pada inti sel di dalam struktur kromosom dan pada mitokondria.

Fungsi DNA sebagai cetak biru yang berfungsi sebagai pemberi kode untuk tiap manusia seperti untuk warna rambut, bentuk mata, bentuk wajah, warna kulit, garis keturunan, dan lainnya.

Struktur DNA pertama kali diperkenalkan oleh Francis Crick, ilmuwan asal Inggris dan James Watson asal Amerika Serikat pada 1953.

Sebagai ilustrasi untuk mempermudah memahami seperti apa DNA, coba Anda pikirkan seuntai kalimat. Kalimat tersebut disusun dari beberapa kata dan setiap kata dibentuk dari beberapa huruf. Abjad adalah unsur dasar dari banyak bahasa.

Prinsip serupa juga bisa diterapkan pada DNA. Pada tingkat molekuler, “abjad” utama disediakan oleh DNA. Hal paling menakjubkan adalah, “abjad” ini hanya terdiri aatas empat huruf yaitu A, C, G, dan T, yang merupakan lambang basa kimia adenin, sitosin (cytosine), guanin, dan timin.

Senyawa ini, seperti tercantum dalam kumpulan.info, membentuk ikatan eksklusif, di mana adenin akan selalu berpasangan dengan timin dan guanin akan selalu berpasangan dengan sitosin.

Bentuk dari DNA adalah seperti spiral ganda yang menyatu dengan rapat. DNA terdiri atas empat pasangan basa A, C, G, dan T yang merupakan komponen kimiawi yang mengandung nitrogen.

Urutan basa-basa pada molekul DNA menentukan informasi genetika yang terdapat di dalamnya. Singkatnya, urutan ini menentukan hampir segala sesuatu tentang Anda, dari warna rambut, warna kulit, hingga bentuk hidung Anda.

Struktur DNA
Struktur DNA

Setiap manusia memiliki 23 pasang kromosom yang terdiri atas 22 pasang kromosom somatik dan satu  pasang kromosom penentu jenis kelamin.

Kromosom XX menentukan seseorang dengan jenis kelamin wanita dan XY untuk seseorang yang berjenis kelamin laki-laki. Kromosom ini didapat dari orang tua, separuh dari ibu dan separuh lagi dari ayah. (KIS/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru