Tuesday, November 19, 2019
Home > Berita > Antusiasme pereli muda di Kejurnas Rally dan Sprint Rally Ogan Ilir  

Antusiasme pereli muda di Kejurnas Rally dan Sprint Rally Ogan Ilir  

Para pereli saat memacu kendaraannya di Sirkuit Tanjung Senai, Ogan Ilir, Sumatera Selatan pada Sabtu (19/8) dan Minggu (20/8). (Dok. IMI)

MIMBAR-RAKYAT.com (Palembang) – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally putaran 1 dan Sprint Rally putaran 4 yang digelar di Sirkuit Tanjung Senai, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (19/8) dan Minggu (20/8) didominasi para pereli generasi muda, salah satunya adalah Ryan Nirwan bersama navigatornya Adi Indiarto yang berhasil menjadi juara pertama, baik di Kejurnas Rally maupun Kejurnas Sprint Rally.

Bertajuk Kejuaraan Nasional Indralaya – Ogan Ilir Merdeka Rally dan Sprint Rally, perlombaan yang didukung Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Sumatera Selatan dan IMI Pusat ini diikuti sebanyak 24 pereli datang dari berbagai daerah di Tanah Air.

Direktur Rally dan Sprint Rally IMI Pusat, Rifat Sungkar, yang ikut menyaksikan perlombaan mengatakan, “Perlombaan ini merupakan ajang yang tepat bagi para pereli muda untuk menunjukkan kapasitas mereka. Saya sendiri sangat senang melihat starting list yang didominasi generasi muda yang tentunya memiliki kesempatan besar untuk menjadi juara nasional 2017.”

“Perlombaan berlangsung kompetitif, tentunya ini karena berbagai faktor, seperti tingkat kegigihan dari masing-masing pereli, hingga karakter lintasan yang cukup menantang dan baru digunakan untuk pertama kalinya. IMI berharap untuk putaran-putaran selanjutnya, Kejurnas Rally dan Sprint Rally dapat lebih ramai oleh para peserta,” tambah Rifat.

Hadir pada upacara pembukaan Gubernur Sumantera Selatan, Alex Nurdin, Pangdam  II Sriwijaya, Mayjen A.M Putranto, Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol. Agung Budi Maryoto dan Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam. Mereka pun turut menjadi peserta pada sprint Rally dengan nomor ‘0’  dan ’00’.

Selain itu, dukungan dari Bupati Ogan Illir, KONI dan DPRD Sumsel, serta instansi terkait lainnya,  membuat Kejurnas yang berlangsung selama dua hari itu terlaksana dengan  baik.  

“Koordinasi dari berbagai pihak yang terlibat di perlombaan ini terjalin dengan sangat baik sehingga perlombaan berlangsung dengan memuaskan. Tentunya hal seperti ini dipertahankan IMI guna terus membuat olahraga otomotif di Indonesia semakin maju dan semakin banyak diminati. Bahkan Bapak Gubernur dan Bapak Bupati berharap agar tahun depan kejuaraan ini dapat ditingkatkan levelnya menjadi kejuaraan Asia Pacific Rally Championship” ungkap Sekretaris Olahraga IMI Pusat, Poedio Oetojo.  

Di Kejurnas Rally sendiri, Ryan Nirwan bersama Adi Indiarto berhasil keluar sebagai juara setelah menempuh rute sepanjang 142,94 km melalui 9 special stage (SS). Total catatan waktu Ryan adalah 1 jam 20 menit 19,1 detik. Mengikuti Priamanaya Djan dan navigatornya Harry Koentoyo di posisi kedua dengan catatan waktu 1 jam 21 menit 00,9 detik. Sedangkan urutan ketiga ditempati oleh H. Rahmat dengan navigator Donny Wardono dengan catatan waktu 1 jam 25 menit 32,6 detik.

Untuk Kejurnas Sprint Rally, para peserta harus menemput jarak sepanjang 13,50 km lewat 3 SS. Ryan Nirwan kembali menjadi yang teratas di Kejurnas Sprint Rally setelah mengalahkan Benny Lautan dan navigatornya Edwin Nasution di posisi kedua dan Priamanaya Djan dengan Herry Koentoyo di posisi ketiga.  (Sp/Kb)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru