Friday, October 18, 2019
Home > Berita > Anies Resmikan 8 Sekolah di Kepulauan Seribu: Satukan WC Guru dan Murid

Anies Resmikan 8 Sekolah di Kepulauan Seribu: Satukan WC Guru dan Murid

Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Pulau Tidung) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan delapan sekolah SD, SMP, dan SMK yang selesai direhab total, Rabu (9/5), di Pulau Tidung, Kawasan Kepulauan Seribu.

Sekolah yang diresmikan, SMKN 61 Pulau Tidung Jakarta, SDN Pulau Kelapa 01 Pagi, SDN Pulau Panggang 03 Pagi, SMPN 133 Jakarta Pulau Pramuka, SMPN 260 Jakarta Pulau Harapan, SMPN 285 Jakarta Pulau Harapan, SMPN 288 Jakarta Pulau Untung Jawa, dan PKBN Negeri 36 Jakarta di Pulau Harapan.

Penandatanganan prasasti peresmian di Sekolah SMKN 61 Pulau Tidung Jakarta. Anies berharap seluruh guru dan siswa ikut menjaga dan merawat bangunan sekolah.

“Dengan sarana dan prasarana yang baik maka guru akan bisa mengajar dengan baik dan anak-anak pun akan belajar dengan baik. Sekarang sudah hadir gedung-gedung sekolah yang bisa memfasilitasi proses pendidikan yang berjalan baik di Kepulauan Seribu,” kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga berpesan agar seluruh sekolah di Kepulauan Seribu bisa menjadi tempat menuntut ilmu yang menyenangkan bagi para siswanya.

Bahkan, Anies meminta agar kamar mandi murid dan guru dijadikan satu agar bisa terawat dengan baik. Menurut Anies, jika toilet siswa dan guru tidak dipisah maka kebersihan akan lebih terjaga.

“Saya kalau sudah melihat sekolah itu dibagi kamar mandi guru kamar mandi siswa maka kita tidak sedang melatih anak-anak untuk bersih, kita akan biarkan anak-anak kotor dan kita pastikan gurunya bersih. Kalau kamar mandi jadi satu maka keduanya akan bersih dan dua-duanya akan rapi dan sekolahnya akan bersih dan rapi, pasti,” ujar Anies.

Kepada kepala sekolah, Anies meminta untuk lebih tanggap terhadap kebutuhan murid dan fasilitas penunjang proses belajar mengajar.

“Pastikan semuanya rapi, semuanya bersih kalau ada masalah segera diperbaiki, jangan ditunda sampai sudah masalahnya parah, bereskan dari awal, bila itu bisa dilakukan maka insya Allah sekolah ini akan baik,” ucap Anies.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Adrianto mengatakan rehab bangunan sekolah tersebut masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2017.

“Dinas pendidikan utuk rehab total gedung sekolah di DKI Jakarta jumlahnya 101 lokasi. 101 lokasi itu berada di 6 wilayah kota dan 8 diantaranya di Kepulauan Seribu,” kata Sopan.

Menurutnya, peresmian ini merupakan simbolik karena 101 bangunan sekolah sudah digunakan untuk proses belajar mengajar. Seluruh sekolah telah selesai direhab total pada Desember 2017 lalu. (y/dir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru