Saturday, July 20, 2019
Home > Berita > Angkat Pengawal Menjadi Ratu, Raja Thailand Umumkan Pernikahan Kejutan

Angkat Pengawal Menjadi Ratu, Raja Thailand Umumkan Pernikahan Kejutan

Raja Maha Vajiralongkorn dan pendampingnya, Jenderal Suthida Vajiralongkorn yang diberi gelar Ratu Suthida saat menandatangani dokumen dalam selama upacara pernikahan mereka di Bangkok. (Foto: Pool TV Thailand/Reuters/Al Jazeera)

Raja Maha Vajiralongkorn dan pendampingnya, Jenderal Suthida Vajiralongkorn yang diberi gelar Ratu Suthida saat menandatangani dokumen dalam selama upacara pernikahan mereka di Bangkok. (Foto: Pool TV Thailand/Reuters/Al Jazeera)

mimbar-rakyat.com (Bangkok) – Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menikahi wakil kepala pasukan pengawal pribadinya hanya beberapa hari sebelum penobatan resminya. Pengawal yang menjadi ratu tersebut adalah Suthida Tidjai, yang  diberinya gelar Ratu Suthida.

Al Jazeera melaporkan, pengumuman mengejutkan dilakukan di Royal Gazette dan rekaman dari upacara pernikahan hari Rabu ditampilkan pada segmen Berita Kerajaan malam, yang ditayangkan di semua saluran televisi Thailand.

Televisi Thailand, yang menyiarkan perintah kerajaan itu pada hari Rabu malam, menunjukkan video Suthida sujud di hadapan raja, kepada siapa dia, menurut penyiar, menyajikan nampan bunga dan dupa, dan sebagai imbalannya diberikan hadiah tradisional yang terkait dengan kekuatan kerajaan.

Vajiralongkorn, 66, juga dikenal dengan gelar Raja Rama X, menjadi raja konstitusional setelah kematian ayahnya yang dihormati, Raja Bhumibol Adulyadej, pada Oktober 2016, setelah 70 tahun bertakhta.

Dia akan secara resmi dimahkotai dalam upacara Buddha dan Brahmana yang rumit pada hari Sabtu (7/5), diikuti oleh prosesi di Bangkok pada hari berikutnya.

Pada 2014, Vajiralongkorn menunjuk Suthida Tidjai, mantan pramugari Thai Airways, sebagai wakil komandan unit pengawalnya.

Beberapa pengamat kerajaan dan media asing telah menghubungkan Suthida secara romantis dengan raja, tetapi istana sebelumnya tidak pernah mengakui hubungan di antara mereka.

Raja menjadikan Suthida sebagai jenderal penuh di Angkatan Darat Kerajaan Thailand pada bulan Desember 2016, dan wakil komandan pengawal pribadi raja pada tahun 2017. Dia juga menjadikannya sebagai seorang Thanpuying, gelar kerajaan yang berarti Lady.

Di antara orang-orang terkemuka di pernikahan itu adalah Prayuth Chan-ocha, pemimpin junta militer yang telah menjalankan pemerintahan Thailand sejak kudeta tentara 2014, serta anggota keluarga kerajaan dan penasihat istana lainnya. Demikian terlihat dalam rekaman pernikahan.

Vajiralongkorn telah melakukan tiga kali pernikahan sebelumnya dan menceraikan istri sebelumnya, yang melahirkan seorang putra, pada tahun 2014.***sumber kantor-kantor berita.(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru