Saturday, December 14, 2019
Home > Kota > Ancaman Mafia Anggaran Tak Membuat Gentar Risma

Ancaman Mafia Anggaran Tak Membuat Gentar Risma

Risma

Risma

MIMBAR-RAKYAT.com (Surabaya) Ancaman mafia anggaran tak membuat gentar Risma sehingga kini kota Surabaya menuai banyak penghargaan. Di balik gebyar kota ini ternyata banyak cerita yang dialami Wali Kota Tri Rismaharini saat ia membuat terobosan untuk menghadang mafia anggaran dengan e-budgeting.

Pengalaman gubernur DKI Basuki menghadapi jamaah mafia anggaran di DKI bukan yang pertama. Wali Kota yang dikenal cukup dekat dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri ini mengaku banyak mendapat tekanan dan ancaman saat membuat trobosan sistem anti korupsi berupa e-Budgeting, e-Procurement maupun e-Controlling.

Ancaman mafia anggaran tak membuat gentar Risma. Pembuatan sistem itu, Risma merintisnya sejak masih menjabat sebagai Kepala Bagian Bina Program Pembangunan Kota Surabaya. Wali Kota Surabaya masih dijabat Bambang DH.
Ancaman datang secara bertubi-tubi ketika dirinya membuat e-Procurement. Dengan e-procurement, masyarakat dapat memantau segala perkembangan paket-paket pekerjaan yang dilelang Pemkot Surabaya secara transparan.

Sistem itu juga mempermudah proses penelitian dokumen. Panitia pengadaan dapat melakukan evaluasi kualifikasi dan penawaran secara cepat dan akurat dengan bantuan aplikasi.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui pemenang tender dan nilai proyek.Memantau sejauh mana perkembangan lelang dengan mudah, sehingga kecurangan sekecil apa pun akan diketahui.

Namun dengan tujuan mulia itu justru Risma mendapat teror. Bahkan keluarganya pun diancam dihabisi.”Bukan aku tok yang diancam dibunuh. Keluargaku juga diancam dibunuh, teror telpon gak karu-karuan, gimana saat itu ga ada perlindungan,” ungkap Risma.”Tapi ya sudahlah. Paling mati….,” tambah Risma.

Risma yang akan mengakhiri masa tugasnya sebagai wali kota pada September 2015 ini blak-blakkan mengungkap kisahnya di hadapan pelajar dan mahasiswa serta entreprenaur muda yang mengikuti klas ‘Start Surabaya’ di Spazio, Surabaya, Minggu (22/3/2015).

Namun, Risma yang dikenal gigih dan pantang menyerah itu tak menghiraukan segala ancaman yang diterima. Ia maju terus dengan sistem E-procurement. Teror itu diabaikan.

Gagasan membuat e-Budgeting juga mendapat perlawanan luar biasa. Saat e-Budgeting jadi dan tahap sosialisasi ke SKPD ternyata ada yang tidak menyukai. Karena dengan sistem itu, dipastikan tidak ada satupun pihak yang bisa memainkan anggaran.

Kini Risma pantas berbangga. Karena sistem aplikasi yang diciptakan bersama mahasiswa selama 6 bulan itu diterapkan di sejumlah kota dan kabupaten di Tanah Air. Termasuk yang diperjuangkan Basuki di DKI yang mendapat perlawanan dari segenap jajafran DPRD.

“Bupati-bupati walikota saya training sendiri. Ini yang saya cari. Di dalam programnya namanya jalan, tapi di dalamnya bagi-bagi duit. Ini yang saya cari bu walikota, saya dibohongi anak buah, kata bupati bupati,” kata Risma dengan tertawa.

Ahok

Kegigihan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) memperjuangkan sistem e-budgeting untuk APBD DKI 2015 mendapat perlawanan  keras dari DPRD tetapi menuai simpati terutama para tokoh dan pegiat antikorupsi. Ketua Tim Independen Buya Syafii Maarif pun angkat bicara.

“Dia sosok pemimpin petarung yang mungkin sudah putus urat takutnya,” kata Buya Syafii, Ahad (22/3). “Dia ngotot memberantas permainan kotor dan kongkalingkong dalam penyusunan anggaran. Ini sudah jadi borok lama di Republik ini,” ujar Buya.

Yang sangat mengecewakan, lanjut Buya Syafii, sikap lembek partai-partai.Kebanyakan pimpinan partai PDIP, PKS, Gerindra, PPP, Hanura, Demokrat, Golkar, dan PKB justru bersikap mendua. “Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu,” kata mantan ketua umum PP Muhammadiyah itu. (ais)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru