Saturday, December 14, 2019
Home > Berita > Amien Rais: Uang Rp 600 Juta yang Disebut Jaksa KPK, Dana Bantuan dari Sutrisno Bachir

Amien Rais: Uang Rp 600 Juta yang Disebut Jaksa KPK, Dana Bantuan dari Sutrisno Bachir

Amien Rais memberikan keterangan di rumahnya. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais angkat bicara terkait dugaan terima Rp 600 juta dari dana dugaan korupsi alat kesehatan (alkes). Karena itu, Amin Rais menyatakan akan menghadapi itu dengan jujur, tegas dan apa adanya.

Amin Rais saat memberikan keterangan kepada wartawan di rumahnya di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, menduga uang Rp 600 juta itu berasal dari Yayasan Sutrisno Bachir yang ditransfer ke rekening dia antara 15 Januari sampai dengan 13 Agustus 2007 lalu.

“Karena itu terjadi sudah 10 tahun lalu, saya segera merefresh memori saya. Pada waktu itu Sutrisno Bachir mengatakan akan memberikan bantuan keuangan untuk tugas operasional saya untuk semua kegiatan, sehingga tidak membebani pihak lain,” kata Amien Rais, Jumat (2/6).

“Persahabatan saya dengan Sutrisno Bachir sudah terjalin lama sebelum PAN lahir pada 1998. Seingat saya sebagai entrepreneur sukses waktu itu, dia selalu memberi bantuan pada berbagai kegiatan saya, baik kegiatan sosial maupun keagamaan,” lanjut Mantan Ketua MPR ini.

Menurut dia, Soetrisno Bachir adalah tokoh yang sangat baik dan dermawan, sering membantu banyak pihak. Akan tetapi Amin Rais sendiri tidak tahu siapa saja yang mendapat bantuan dana dari Soetrisno Bachir.

“Saya pernah menanyakan pada Sutrisno Bachir, mengapa Anda membantu berbagai kegiatan saya. Jawabnya: “Saya disuruh Ibunda saya untuk membantu Anda”. Jadi ketika dia menawarkan bantuan tiap bulan buat kegiatan operasional saya, saya anggap sebagai hal wajar.”

“Nah, kalau kejadian sepuluh tahun lalu kini diungkap dengan bumbu-bumbu dramatisasi di media massa dan sosial, tentu akan saya hadapi dengan jujur, tegas, apa adanya,” ucap Amien. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru