Wednesday, September 18, 2019
Home > Berita > Akibat Kabut Asap, 409 Sekolah Diliburkan di Sembilan Distrik Sarawak

Akibat Kabut Asap, 409 Sekolah Diliburkan di Sembilan Distrik Sarawak

Para siswa menggunakan masker saat belajar. (Foto:Bernama.com)

Para siswa menggunakan masker saat belajar. (Foto:Bernama.com)

mimbar-rakyat.com (Kuching) – Sekolah-sekolah di sembilan distrik di Sarawak telah diperintahkan untuk ditutup karena kabut asap yang memburuk sejak pukul 18.00 Senin (9/9) waktu setempat.

Wakil direktur pendidikan negara Abang Mat Ali Abang Masagus mengatakan,  distrik-distrik itu adalah Kuching, Samarahan, Padawan, Serian, Sri Aman, Betong, Bau, Lundu dan Lubok Antu. Demikian dilaporkan kantor berita Malaysia, Bernama.com.

Namun, dia mengatakan Ujian Pencapaian Sekolah Rendah akan berjalan sesuai jadwal. “Kami akan membuat keputusan untuk hari berikutnya berdasarkan pembacaan Indeks Pencemar Udara (API) pada pukul 6 sore sehari sebelumnya.

“Jadi melihat fakta saat ini (hari ini), mereka (sekolah) harus bersiap untuk buka kembali besok jika API terus membaik,” katanya saat dihubungi oleh Bernama.

Sementara itu, Departemen Pendidikan Negara dalam sebuah pernyataan mengatakan 409 sekolah ditutup hari ini (Selasa), termasuk 62 sekolah menengah dan 347 sekolah dasar, yang melibatkan 157.479 siswa.

Sebanyak 87 sekolah ini berada di Kuching, Padawan (101), Betong (53), Sri Aman (41), Bau (44), Lubok Antu (30), Samarahan (tiga), Serian (20) dan Lundu ( 30).

Pagi ini, sekitar 50.000 masker wajah diserahkan oleh Pasukan Pertahanan Sipil Sarawak ke Departemen Pendidikan Negara untuk didistribusikan di sekolah-sekolah di seluruh negara bagian.

Pembacaan API antara 0 dan 50 dianggap baik; 51 hingga 100, sedang; 101 hingga 200, tidak sehat; 201 hingga 300, sangat tidak sehat; dan 301 ke atas, berbahaya.***(dta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru