Saturday, December 14, 2019
Home > Berita > Ahok Resmikan RPTRA Astra Ketiga

Ahok Resmikan RPTRA Astra Ketiga

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama didampingi Ketua PKK DKI Jakarta Veronica Tan (kedua kanan) dan Walikota Jakarta Barat M. Anas Effendi (kanan) berbincang bersama Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kiri) usai penandatanganan prasasti Peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cengkareng Timur Berseri (18/2). (ist)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) ketiga yang dibangun PT Astra International Tbk di Cengkareng Timur diresmikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Kamis.
Ia didampingi Ketua PKK DKI Jakarta Veronica Tan, Walikota Jakarta Barat M. Anas Effendi dan Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas.
“Astra membangun lima RPTRA di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Saya berharap melalui RPTRA ini, setiap lurah dapat mengenal warganya dan mendengarkan aspirasi mereka,” ujar Gubernur Ahok dalam sambutannya.
Pongki Pamungkas mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam membangun RPTRA ini. “Tanpa kerjasama yang baik dengan pemerintah, tentunya pembangunan RPTRA ini tidak terwujud,” tambahnya.
RPTRA Cengkareng Timur Berseri seluas 1.100 m2 ini dilengkapi berbagai fasilitas umum seperti lapangan olahraga multifungsi (futsal dan bulutangkis) yang dilengkapi dengan open theatre, taman bermain, kolam gizi, taman PKK, ruang serbaguna, PKK Gross Mart, ruang laktasi, perpustakaan, dan Ruang SIM PKK yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, sesuai dengan hasil social mapping yang telah dilakukan sebelumnya.
Keunikan RPTRA Cengkareng Timur Berseri adalah desain jamur yang tampak pada bangunan dan taman di area RPTRA. Desain Jamur ini memperkuat identitas Kampung Berseri Astra Jakarta Barat yang berbasis produk olahan Jamur.
Kondisi berbeda juga terlihat dari segi lokasi, dikarenakan lokasi RPTRA Cengkareng Timur Berseri berdekatan dengan SDN Cengkareng Timur 21 Pagi yang merupakan SD Adiwiyata Binaan Astra.
Kondisi ini tentunya sejalan dengan 4 pilar program CSR Astra di bidang pendidikan, dimana keberadaan RPTRA juga turut mendukung program edukasi lingkungan di area tersebut.
Menurut Dwi Agustini, Kepala Sekolah SDN Cengkareng Timur 21 Pagi, RPTRA ini sangat bermanfaat bagi anak-anak di sini. Karena sulit mencari lahan untuk bermain. “Di halaman SD ini saja setiap akhir jam pelajaran lapangan selalu penuh sampai waktu Magrib. Pernah suatu hari pintu gerbang SD terkunci, tapi anak-anak nekat memanjat pagar karena sangat ingin bermain di halaman ini.”
Dengan RPTRA dari Astra ini, anak-anak memiliki ruang terbuka yang lebih luas dan memadai. “Sebelum dibangun pun, anak-anak ingin bermain futsal, karena tidak ada lapangan futsal yang memadai. Dengan RPTRA ini, kegiatan nonakademik akan lebih maksimal,” ujar Dwi.
Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.  (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru