Friday, February 28, 2020
Home > Berita > Adakah Hubungan Antara Sepak Bola dan Penyakit Azheimer? Lampard dan Lineker Ingin Tahu

Adakah Hubungan Antara Sepak Bola dan Penyakit Azheimer? Lampard dan Lineker Ingin Tahu

Frank-Lampard. (mirror)

MIMBAR-RAKYAT.com (London) – Setelah dinyatakan bahwa legenda Piala Dunia 1966 Martin Peters, Nobby Stiles dan Ray Wilson mengidap penyakit Alzheimer alias linglung, kini Frank Lampard dan Gary Lineker ingin menemukan jawaban apakah ada kaitan antara sepak bola dengan Alzheimer.

Frank Lampard meminta agar dilakukan penelitian mendalam hubungan antara sepak bola dan penyakit Alzheimer.

Mantan pemain bintang Chelsea itu mengimbau dilakukan penelitian, setelah dinyatakan bahwa legenda Piala Dunia 66 Martin Peters, Nobby Stiles dan Ray Wilson, mengidap penyakit itu, kemungkinan karena menyundul si kulit bundang itu secara terus menerus dalam beberapa tahun, demikian dilaporkan mirror.co.uk, Rabu.

Gary-Lineker. (mirror)
Gary-Lineker. (mirror)

Lampard (37) mengatakan, “Benar-benar menyedihkan. Saya tidak tahu apakah ada hubungan penyakit itu dengan sundul menyundul bola di masa lalu itu.  Kalau para mantan pemain sepak bola itu mengidap penyakit karena sepak bola, tentu amat menyedihkan.”

Mantan kapten tim Inggris, Gay Lineker, yang kini berusia 55 tahun, mengatakan, “Sepertinya ada sebab akibatnya antara main bola dan penyakit itu.  Pemain dalam latihan, biasanya menerima tendangan keras dan selalu melakukan sundulan dari bola keras. Secara medis bisa saja itu sebagai penyebabnya.

“Para pemain berlari seputar lapangan, menendang, menerima sundulan dan melakukan sundulan. Para pemain bisa khawatir akan pengaruhnya dikemudian hari. Jadi perlu penelitian mendalam,” katanya.

Baca Juga  :  Inilah 10 gejala alzheimer

Final Piala Dunia 1966. (mirror)

Final Piala Dunia 1966. (mirror)

Martin Peters, Nobby Stiles dan Ray Wilson didiagnosa kini menderita penyakit Alzheimer, yang mempengaruhi fisik dan daya ingat mereka.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru