Monday, April 22, 2019
Home > Berita > ACMI tempat dokumentasi gambar bergerak di Melbourne

ACMI tempat dokumentasi gambar bergerak di Melbourne

Permainan gambar bergerak di ACMI Melbourne. (arl)

MIMBAR-RAKYAT.com (Melbourne) – Bila Anda berkunjung ke pusat kota Melbourne, ada yang namanya Federation Square, tempat orang ngumpul-ngumpul santai dan di situ ada gedung bernama ACMI, singkatan dari Australian Centre for the Moving Image.

Selain ACMI, ada beberapa gedung lain di Federation Square, di antaranya ruang pertunjukan teater, ruang pemutaran filem klasik / dokumenter, ruang pameran lukisan dan yang lainnya.

Begitu memasuki Galeri 2 dalam gedung ACMI, terlihat pemandangan menarik campuran antara kuno dan modern tentang layar lebar, film, televisi dan sejarah perjalanan penggunaan peralatan digital.

Ada wayang di studio ACMI Melbourne. (arl)

Apa keistimewaan berbagai alat dan pertunjukan yang ada dalam ACMI?

Nah, dengan berbagai penghargaan di tingkat nasional dan internasional – baik berupa film, festival, event bergerak, kreatif workshop, program pendidikan dan beberapa hal lain, ACMI mempertontonkan bagi pengunjung hal berkaitan dengan “gambar bergerak”.

Di salah satu bagian bahkan ada semacam layar kaca yang menampilkan wayang, yang juga dianggap sebagai gambar bergerak.

Setiap pengunjung boleh mencoba, menonton, memainkan sendiri berbagai peralatan gambar bergerak, sekaligus mempelajari sejarah dan macam-macam hal yang berkaitan dengan peralatan itu.

Bila Anda mencoba beberapa peralatan di situ yang sifatnya interaktif, maka Anda dapat melihat sendiri apa yang sudah Anda lakukan, dengan cara mencatatkan secara digital alamat email Anda dan pihak ACMI akan mengirimkan gmbarnya kepada Anda.

ACMI mengawali keberadaannya sebagai Pusat Film Negara pada 1946, sampai akhirnya dikenal sebagai institusi internasional yang berkaitan dengan layar dan advokasi, pendidikan layar lebar, sampai masalah industri gambar bergerak.

Sebagai atraksi budaya, wisata dan pertunjukan untuk pembelajaran, ACMI menjadi elemen integral dalam posisi Melbourne sebagai kota kreatif dunia.

Di depan gerbang masuk ACMIMelbourne. (arl)

Pembuat film dokumenter dari Inggris, Dr John Grierson, yang berkunjung ke Australia pada 1940, membangun Badan Nasional Film Australia pada 1945- yang berarti memantapkan Australia sebagai salah satu negara  industri film.

Pengenalan televisi di Melbourne pada 1956 melibatkan Pusat Film Negara dan institusi ini pula yang berperan besar memproduksi film bermutu semisal The Sentimental Bloke (1919) dan On Our Selection 1958.

Film lain seperti Peter Weir’s Homesdale (1971), Tim Burstall’s Stork (1971) dan Libido (1973) juga lahir, merupakan kerjaan Burstall, John B. Murray, Fred   yang ikut festival Film Teater Negara 1976, mengindikasikan maraknya industri produksi film di Victoria.

Arsitek yang membangun gedung ACMI dan kawasan Federation Square, dilakukan lewat lelang terbuka diikuti lebih dari 176 peserta dari Australia dan 15 dari luar Australia. Pada lelang tahap kedua,  1997, diikuti juga oleh Lab Architecture Studio dari London, dimenangi Bates Smart Architects.

Di halaman Federation Square. (arl)

Pada 1 Januari 2002, ACMI dibuka resmi dan pada 2013 merupakan rekor pengunjung terbanyak, sejumlah 1.156 juta orang.

Hingga kini bagi para pengunjung ACMI tidak dipungut bayaran untuk menyaksikan berbagai eksibisi yang ada di dalam gedung.

Sedangkan di pelataran Federation Square yang amat luas, terdapat layar raksasa tempat orang menonton berbagai pertunjukan, termasuk perlombaan Formula One (F1) yang berlangsung awal Maret 2019.

Kulit buletin skedul acara mingguan di ACMI. (arl)  
Kulit buku acara pemutaran film (matinee) di ACMI, (arl)

Suasana saat itu amat ramai, banyak penonton F1 yang duduk atau tiduran di rerumputan sembari berjemur. Sebagian ada yang berpakaian minim pada musim Autumn yang cukup dingin tetapi matahari menjilat amat terik.  (Catatan A. R. Loebis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru