Wednesday, April 01, 2020
Home > Berita > 9 Perampok Gasak Rp 1 Miliar Disergap, Beraksi di Wilayah Jawa Barat

9 Perampok Gasak Rp 1 Miliar Disergap, Beraksi di Wilayah Jawa Barat

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Purwakarta) – Komplotan Perampok digulung petugas Satreskrim Polres Purwakarta, 9 tersangka yang sudah menggasak Rp1 miliar lebih dibekuk.

Petugas juga mengamankan barang bukti dua mobil Avanza, 3 pucuk pistol jenis softgun, 15 HP, pistol jenis Rifel, 1 stel baju dinas loreng TNI, 2 buah baret TNI, dan 5 buah kartu tanda pengenal TNI.

Kesembilan pelaku curas itu, Adi Saepul Makmur, Asep Sudrajat, Aris Setiadi, Endang Suryana, Tatang Sutaryat, Eye Suharya, Naswan, Untung dan Gunawan.

Tiga nama terakhir dilimpahkan penanganannya ke Polres Bandung dan Polres Subang.

Kapolres Purwakarta AKBP Hanny Hidayat, Selasa (13/12) menjelaskan, dari sembilan pelaku curas yang ditangkap di antaranya ada pecatan TNI.

“Tiga pelaku dilimpahkan ke Polres Bandung dan Subang karena serangkaian TKP curas komplotan ini dilakukan di dua tempat itu,” ujar Hanny.

Dijelaskan, modus yang dilakukan komplotan garong ini berpura-pura mengantar korban yang akan membeli kendaraan. Di tengah perjalanan, pelaku menodong korban dengan senpi.

“Tak sampai di situ, pelaku menganiaya dan mengikat korban. Rata-rata modusnya begitu. Uang dirampas dan korbannya dibuang,” katanya.

Kasus terbaru menimpa korban Sunardin dan Jaka Sumaedi, keduanya warga Darangdan dan Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat. “Dari korban warga Wanayasa dirampas Rp120 juta dan warga Darangdan Rp90 juta,” katanya.

Komplotan pencurian dengan kekerasan (curas) ini diringkus di sejumlah tempat di Bekasi, Kiara Condong, Lembang, dan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

“Komplotan ini tergolong sadis dan beroperasi di sejumlah tempat di Jawa Barat. Lebih dari Rp 1 miliar telah diraup komplotan ini,” ujarnya. Pelaku dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru