Sunday, September 15, 2019
Home > Berita > 85 Kilogram Shabu dan 50 Ribu Ekstasi Model Baru Diselundupkan Pakai Tong Ikan

85 Kilogram Shabu dan 50 Ribu Ekstasi Model Baru Diselundupkan Pakai Tong Ikan

Barang bukti shabu. (ilustrasi/ist)

MIMBAR-RAKYAT.COM (Medan) – Shabu seberat 85 kilogram dan 50 ribu butir pil ekstasi model baru diselundupkan dengan cara dimasukkan dalam tong ikan, berhasil diamankan petugas BNNP Sumatera Utara, di perairan Kabupaten Labuhan Batu.

“Narkoba berharga puluhan miliaran rupiah itu, sengaja dimasukkan ke dalam tong yang biasa digunakan sebagai wadah tangkapan ikan guna mengelabui petugas,” kata Kepala BNNP Sumut, Brigjen Andi Loedianto, kemarin.

Dijelaskan, pengedar memang berbagai cara menyelundupkan narkoba agar tidak diketahui petugas. “Mereka sengaja memasukkan shabu ke dalam tong sehingga dianggap pelampung keramba ikan,” kata Andi.

Petugas BNNP berhasil mengamankan shabu tersebut setelah manguntit pemiliknya saat mau mengambil dan meninggalkan lokasi penyelundupan menggunakan mobil.

“Modus pengirimannya lewat kapal dari Malaysia, dilakukan pengangkut barang, yakni melemparkan lima tong ikan berwarna biru berisi shabu dan pil ekstasi. Kemudian pemilik barang menyeretnya ke darat,” katanya.

Sementara Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel mengatakan, dari barang haram tersebut, petugas juga mengamankan ekstasi dengan model baru sebanyak 50 ribu butir.

Beda dengan model konvensional yang berbentuk pil. Ekstasi tersebut dicetak mirip permen. Selain memiliki model yang lebih besar dari biasanya, warna ektasi tersebut juga menarik, yakni ungu, hijau, dan kuning.

“Ekstasi dengan model dan warna mudah menarik perhatian anak muda. Diduga ekstasi tersebut sengaja diproduksi untuk menjerat pelajar,” jelasnya.

Selain mengamankan barang bukti, polisi juga meringkus tiga pelaku berinisial J, 35, M, 35 dan R, 28, ketiganya warga Aceh. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru