Sunday, September 22, 2019
Home > Berita > 5 Ton Ikan Impor Asal China Mengandung Formalin Disita

5 Ton Ikan Impor Asal China Mengandung Formalin Disita

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Lampung) – Sebanyak 5 ton berbagai jenis ikan impor asal China yang positif mengandung formalin disita Tim Satgas Pangan Polda Lampung.

Tim Satgas Pangan dengan leading sector-nya Ditreskrimsus Polda Lampung pada Sabtu 13 Mei 2017 sekitar pukul 01:30 berhasil mengungkap usaha pengiriman lima ton ikan berbagai jenis yang sudah dibekukan.

“Dikemas rapi dalam kotak dan positif mengandung zat formalin, ” kata Kapolda Irjen Sudjarno dalam ekspos, kemarin.

Lima ton ikan jenis salam, tongkol dan lemuru itu dimuat dalam 500 kotak ikan beku. Dibawa dari Merak dengan menggunakan satu unit truk Colt Diesel dilengkapi mesin pendingin.

Saat di Pelabuhan Bakauheni, diperiksa dengan testkit dan selanjutnya ditangkap. Hasil testkit menunjukkan ikan positif mengandung formalin atau zat pengawet mayat.

“Ikan ini diedarkan di Lampung. Sudah pengiriman ketiga kalinya menurut pengakuan sopir truk. Hasil lidik juga menunjukkan ikan ini impor dari China. Sekarang sedang dikembangkan jaringan pengimpor ikan yang beralamat di Jakarta Utara tersebut. Sampai ke pihak distributor dan pengecernya,” tegas Sudjarno didampingi Kepala BPOM Provinsi Lampung Setia Murni. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru