Monday, November 18, 2019
Home > Berita > Komunitas ASEAN Rayakan HUT ASEAN di QATAR

Komunitas ASEAN Rayakan HUT ASEAN di QATAR

HUT ASEAN di Qatar.

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Kedutaan besar negara ASEAN di Qatar yang tergabung dalam  ASEAN Community in Doha (ACD) merayakan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-49 ASEAN di Doha pada 8 Agustus 2016.

Acara yang dilakukan di Kedubes Singapura di Doha dihadiri oleh kalangan diplomatik negara anggota ASEAN di Qatar (Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam), wakil dari masing-masing komunitas ASEAN serta media Qatar antara lain Qatar Tribune, Gulf Times, The Peninsula, Al Raya, Lusail Newspaper dan beberapa media freelance lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua ASEAN Community in Doha (ACD), Dubes H.E. Wong Kwok Pun menyampaikan bahwa ASEAN telah membawa kedamaian dan stabilitas di kawasan.

Ditambahkanmya, ASEAN akan menjadi satu komunitas yang terintegrasi. Dubes Wong menyampaikan pula keberhasilan ACD dalam mengenalkan ASEAN pada warga asli Qatar dan komunitas manca negara di Qatar.

“Perayaan Ulang Tahun ASEAN ke-49 merupakan hari bahagia bagi komunitas ASEAN di Qatar yang berjumlah sekitar 300 ribu karena ASEAN makin dikenal di Qatar”, ujar Dubes Wong yang akan mengakhiri tugasnya pada September 2016.

Acara tersebut juga dimanfaatkan untuk menyerahkan Keketuan ACD kepada Ketua ACD yang baru, Dubes Wilfredo C. Santos dari Filipina.  Dalam sambutannya, Dubes Santos mengharapkan dukungan dari anggota ACD lainnya agar dimasa keketuaan Filipina dapat berhasil dengan sukses.

Setelah acara seremonial, para Dubes ACD  melakukan konferensi pers dengan para awak media secara informal. Dalam tanggapannya, Dubes Indonesia untuk Qatar,  Muhamad  Basri Sidehabi akan meningkatkan kerja sama ekonomi Indonesia-Qatar dengan melibatkan ASEAN dalam melakukan promosi di bidang perdagangan (trade), pariwisata (tourism), dan investasi (investment) atau TTI.

“Kerjasama tersebut  antara lain mengadakan pertemuan usaha  ASEAN-Qatar Chamber Joint Seminar dengan melibatkan pelaku usaha dari Indonesia,” katanya.

ACD juga akan memaksimalkan peluang sehubungan dengan kebijakan Qatar yang menerapkan kebijakan “look east” dalam mengembangkan kerja sama ekonomi dan investasi dengan berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia. Termasuk peluang usaha sehubungan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dan upaya Qatar mewujudkan Visi Nasional Qatar 2030.

Pada peringatan HUT ASEAN tersebut, DWP KBRI Doha melakukan pagelaran Wonderful Indonesia dengan melakukan promosi kuliner  pada tanggal yang sama, 8 Agustus 2016.

Promosi tersebut dipamerkan di hadapan tamu asing termasuk 16 istri-istri Duta Besar negara sahabat di Doha antara lain dari ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei, Thailand, Filipina dan 9 (sembilan) negara lainnya seperti Palestina, Bangladesh, Tajikistan, Kazakhstan, Peru, Afrika Selatan, Aljazair, Irak,  Swaziland dan India.

Mantan anggota DPR ini menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata dan refleksi dari kerja sama yang baik antara ASEAN Cooperation Dialogue (ACD) dengan Komunitas asing lainnya yang ada di Qatar dan sekaligus  untuk memperkenalkan ASEAN kepada masyarakat internasional di Qatar.

“Promosi budaya bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama negara ASEAN dan warga manca negara lainnya di Qatar dan ekspatriat lainnya” ujar  Dubes Sidehabi yang baru saja menyerahkan  surat kepercayaan kepada Emir Qatar pada 3 Maret 2016.

Menurut Counsellor KBRI Doha, B. Dharmawan KBRI akan berupaya untuk melibatkan kegiatan ACD dalam melakukan rangkaian promosi budaya dan kuliner guna memperingati hubungan diplomatik Indonesia-Qatar ke-40.  (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru