Wednesday, October 23, 2019
Home > Berita > Sambut Proklamasi RI ke-71, Balon Raksasa Bawa Merah Putih di Udara Garut

Sambut Proklamasi RI ke-71, Balon Raksasa Bawa Merah Putih di Udara Garut

IIlustrlustrasi - Balon raksasa di Garut.

MIMBAR-RAKYAT.com (Garut) – Dalam menyambut HUT RI ke-71,  Lsm Bais se-Jawa Barat akan mengadakan even yang tidak pernah  dilakukan oleh siapa pun, yakni menerbangkan balon raksasa membawa Sang Merah Putih.

Ketua DPP Lsm Bais, Asep Imam Susanto, menyatakan Minggu, Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Anak Indonesia Satu (LSM BAIS) se-Jawa Barat, pada 14 Agustus 2016 akan menerbangkan balon udara raksasa dan pengibaran bendera pusaka Merah Putih berukuran besar.

Menurutnya, kegiatan tersebut dalam rangka mengisi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia d an balon berukuran 6 x 4 meter itu rencananya akan diterbangkan ke puncak Gunung Putri, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler.

Lalu, tambahnya, pengibaran bendera raksasa Merah Putih berukuran 8 x 17 meter akan dilakukan di puncak Gunung Guntur, Desa Langensari kecamatan Tarogong Kaler. Tidak hanya itu, mereka juga membentangkan bendera berukuran 19 x 45 meter.

“ Tiang tower bendera menggunakan sebanyak 45 buah bambu. Sementara balon gas raksasa menghabiskan sebanyak 220 lembar kertas endog, 70 kertas sampeu dan 4 kg lem. Biayanya hasil dari rereongan (patungan) anggota,” sebut Asep Imam.

Dua bendera raksasa sudah siap, katanya, sementara balon gas udara masih tahap pembuatan dan sudah selesai 80%, dan mereka yg terlibat dalam pembuatan balon raksasa, kini sudah menyiapkan tungku untuk proses penerbangsn balon nanti.

Untuk menghasilkan asap tebal berwarna hitam dengan suhu panas, disiapkan bahan potongan karet bekas, diambil dari ban bekas, juga diperlukan oli bekas sebagai campuran.

“Hasilnya ketika dibakar akan keluar asap tebal dan panas. Penerbanganya balon itu menggunakan asap panas dan harus dipersiapkan tungku perapianya,” ungkapnya.

Balon gas raksasa itu menampung kepulan asap hingga penuh, setelaj dipenuhi asap balon akan mengembang dan kemudian terbang.  (Yat R/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru